Bupati Pacitan Minta Semua Komponen Satu Persepsi Tangani COVID-19

oleh -13234 views

Pacitanku.com, PACITANBupati Pacitan Indartato memberi penekanan kepada semua pihak untuk menyamakan persepsi dalam upaya penanganan pandemi coronavirus disease 2019 (COVID-19).

Hal ini disampaikan Bupati saat memimpin rapat koordinasi (Rakor) Penanganan COVID-19 bersama satuan gugus tugas (Satgas) dan forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda), Rabu (1/4/2020) di Pendopo Kabupaten Pacitan.

Seperti dikutip dari siaran pers Humas Pemkab Pacitan, Indartato mengatakan, sesuai Instruksi Presiden RI nomor 4 tahun 2020, ada refocussing kegiatan, realokasi anggaran serta pengadaan barang dan jasa dalam rangka percepatan penanganan COVID-19.

Adanya dinamika kebijakan tersebut, Indartato minta semua yang terlibat untuk segera mempelajari, memahami serta menyamakan pandangan agar dapat terlaksana dengan baik.

“Ini dalam rangka melayani masyarakat, untuk itu saya minta semua menyamakan persepsi sesuai aturan pemerintah pusat,”kata Indartato.

Pemerintah daerah, imbuhnya, memiliki tugas melakukan antisipasi dan penanganan. Pemkab juga berkewajiban menganggarkan belanja bidang kesehatan khusus untuk penanganan pandemi COVID-19 ini.

“Presiden telah menerbitkan kebijakan dan diharapkan pemerintah daerah segera menindaklanjuti,”tukasnya.

Sejauh ini, Pemkab melalui keputusan bupati nomor 188 tahun 2020 tentang pembentukan gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 telah mengambil beberapa langkah.

Langkah tersebut adalah melakukan antisipasi dengan sosialisasi, edukasi dan mitigasi, penanganan dampak penularan dengan memperkuat surveilans atau pelacakan kasus, perawatan dan pengobatan serta menyiapkan langkah rehabilitasi.

Indartato berharap kerjasama semua pihak termasuk masyarakat. Karena dengan sinergitas yang baik menjadi kunci keberhasilan. Rakor penanganan COVID-19 di pendopo kabupaten ini untuk menyikapi perkembangan wabah COVID-19 yang masih menunjukkan tren peningkatan.

Selain Satgas COVID-19 dan Forkopimda, turut hadir para staf ahli bupati, Sekda dan Asisten Sekda. Meski dengan tatap muka, rakor berlangsung sesuai protokol. Yakni, dengan mengatur jarak serta melengkapi peserta dengan masker.

Sumber: Humas Pemkab Pacitan