Ribuan Pemudik Asal Jakarta Akan Tiba di Pacitan

oleh -13985 views
Sekkab Pacitan, Heru Wiwoho Supadi Putro. (Foto: Yuniardi Sutondo).

Pacitanku.com, PACITAN – Arus mudik menuju Pacitan, dikabarkan terus meningkat. Informasi yang diterima pewarta, malam ini ribuan masyarakat yang merantau di Jakarta tengah perjalanan mudik menuju Pacitan.

Diperkirakan kedatangan rombongan pemudik itu, Ahad (29/3) dini hari. Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Pemkab Pacitan, Heru Wiwoho Supadi Putro mengatakan, memang mendengar kabar adanya arus mudik besar-besaran dari Jakarta menuju Pacitan. Hanya saja, ia belum bisa memastikan kebenaran dari kabar tersebut.

“Informasi yang kami terima memang seperti itu (ada ribuan pemudik dari Jakarta, red). Akan tetapi kami belum bisa memastikan kebenarannya,” ujar Heru, Sabtu (28/3) malam.

Meski belum ada kejelasan terkait kabar adanya ribuan pemudik dari Jakarta, namun satuan tugas sudah dipersiapkan sterilisasi di wilayah perbatasan dan lokasi kedatangan penumpang, yaitu di terminal bus Kota Pacitan.

“Selain akan dilaksanakan penyemprotan mereka juga akan kami data by name dan by address,” jelas Heru yang juga menjabat sebagai Sekkab Pacitan ini.

Data tersebut, lanjut dia, akan diteruskan ke Dinas Kesehatan dan seluruh pemerintahan desa dan kelurahan tempat asal para pemudik.

“Bahkan sampai tingkat RT dan RW serta lorong, akan kita surati. Agar mereka itu tetap dalam pemantauan tim medis,” tegasnya.

Tak hanya itu, Heru juga meminta agar Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Pacitan lebih waspada ketika melakukan pelayanan administrasi kependudukan. Sebab tidak menutup kemungkinan, mereka akan banyak yang memanfaatkan waktu luangnya untuk mengurus adminduk.

“Dispendukcapil saya minta juga lebih berhati-hati. Tetap jaga PHBS dan CTPS serta physical distancing harus dikedepankan,” pesan Heru.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Pacitan, Wasi Prayitno mengatakan, sejumlah personil telah disiagakan di perbatasan dan pintu masuk terminal.

Ketika mereka nanti sampai di Pacitan, akan langsung dilakukan pendataan, by name by address dan juga asal serta tujuan dan nomor telepon.

“Sebelum masuk terminal mereka akan kami masukan chamber dan kita semprot dengan disinfektan,” tandasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan