Plt Kadinkes Pacitan: Jenazah dari Jakarta Bukan Pasien COVID-19

oleh -416 views

Pacitanku.com, PACITAN – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pacitan langsung memberikan klarifikasi terkait seorang jenazah dari DKI Jakarta yang pada Jumat (27/3/2020) sempat membuat geger masyarakat Pacitan.

Plt Kepala Dinkes Pacitan, Trihariadi Hendra Purwaka dalam wawancaranya dengan Diskominfo Pacitan, Jumat siang mengatakan jenazah laki-laki tersebut bukan karena coronavirus disease 2019 (COVID-19).

“Warga Pagerejo yang meninggal di Jakarta bukan sakit karena virus Corona,”kata pria yang akrab disapa dr Hendra ini, seperti dikutip Pacitanku.com dari laman Pemkab Pacitan.

Namun demikian, dr Hendra menegaskan, ditengah pandemi COVID-19, pihaknya membuat protokol kesehatan yang diberlakukan dalam penanganan jenazah tersebut.

Hal itu, kata dia, demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, lantaran jenazah tersebut meninggalnya di Jakarta. Sedangkan Jakarta sendiri termasuk ke dalam zona merah COVID-19. “Ini adalah wujud antisipasi yang kita lakukan,”ujar dr Hendra.

Lebih lanjut, Hendra juga meminta masyarakat Pacitan tidak panik dengan informasi tersebut, namun tetap waspada pada setiap kemungkinan yang dapat terjadi.

Termasuk tanggap terhadap pendatang atau keluarga yang mudik dengan mengkonfirmasi identitas kepada petugas.

Seperti diberitakan di Pacitanku.com pada Jumat pagi, masyarakat dihebohkan dengan kabar yang menyebar melalui grup whatsapp tentang jenazah seorang pria yang dimakamkan menggunakan protokol kesehatan.

Sumber: Pemkab Pacitan