Pendaftaran Cabup-Cawabup Pacitan Lewat Partai Demokrat Ditutup, Gagarin tak Kembalikan Berkas

oleh -13492 views
Wakil Ketua DPC Partai Demokrat Pacitan Sugiharto. (Foto: Julian Tondo/Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Batas akhir pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati Pacitan yang dilaksanakan di Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Pacitan resmi ditutup pada Jumat (27/3/2020).

Dalam tahapan pendaftaran yang dibuka sejak 12 Februari hingga 27 Maret 2020 pukul 16.00 WIB, panitia pendaftaran telah mengeluarkan formulir pendaftaran sejumlah 14 berkas. Terdiri dari 10 berkas pendaftaran bacalon bupati dan 4 berkas pendaftaran Bacawabup.

“Sore ini pendaftaran ditutup, dan tentang bagaimananya secara tertulis dan resmi kami masih menunggu rapat pleno yang rencana akan kami adakan malam nanti atau besok pagi,”kata anggota tim pendaftaran Cabup-Cawabup Partai Demokrat, Sugiarto, Jumat (27/3/2020).

Menurut keterangan Sugiarto, dari 14 berkas formulir pendaftaran Bacabup dan Bacawabup Pacitan, yang dikembalikan oleh bakal calon sesuai persyaratan total hanya 12 berkas. Terdiri dari 9 berkas formulir Bacabup dan 3 berkas formulir Bacawabup.

“Total yang mengembalikan ada 12 Bacalon, Pak Gagarin dan Pak Riyanto tidak mengembalikan formulir hingga pukul 16.30 WIB,”imbuhnya.

Gagarin tak Kembalikan Berkas

Sementara, politikus gaek Partai Golkar yang dulu sempat menghebohkan peta politik Kabupaten Pacitan karena mendaftar di Partai Demokrat, Gagarin akhirnya pada batas akhir pendaftaran tidak mengembalikan berkas formulir.

Pantauan wartawan di lapangan, hingga Jumat (27/3/2020) sore pukul 16.30 WIB, tidak tampak Gagarin ataupun timnya yang datang ke kantor DPC Partai Demokrat Pacitan untuk mengembalikan formulir.

Yang tampak saat itu hanya lalu lalang tim relawan dari bacalon Ronny Wahyono, Afghani Wardhana, Winarni dan Nursigit Effendi untuk melengkapi syarat administrasi yang kurang. “Ya kami tidak tahu sebabnya. Yang jelas secara prosedur pendaftaran kami telah melalui sesuai jadwal,”imbuh Sugiarto.

Panitia pendaftaran tidak berani banyak  memberikan komentar sebelum adanya rapat pleno, termasuk tentang ada tidaknya kemungkinan perpanjangan masa pendaftaran. “Yang jelas, secara jadwal sudah terlampaui dan selesai. Terkait perpanjanngan, saya tidak berani berkomentar. Kita tunggu rapat pleno,”pungkasnya.

Sebagaimana diberitakan di Pacitanku.com ada 14 calon yang mendaftar lewat Partai Demokrat. 14 calon itu terdiri dari 11 Bacabup dan 3 Bacawabup. Ke-11 Bacabup tersebut adalah Wakil Bupati Yudi Sumbogo, guru besar Universitas Negeri Semarang (UNNES) Sudijono Sastroatmodjo.

Kemudian advokat senior Sugeng Nugroho, pensiunan aparatur sipil Negara (ASN) Subroto, pengusaha perempuan Winarni, Wakil Ketua DPRD Pacitan Gagarin.

Selanjutnya turut mendaftar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Surabaya Afghani Wardhana, Ketua DPRD Pacitan Indrata Nur Bayuaji, Dosen Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Brawijaya (UB) Sudjatno, Ketua Fraksi PD DPRD Pacitan Ronny Wahyono, dan Ketua DPC Partai Gerindra Riyanto.

Sementara tiga calon yang mendaftar sebagai Bacawabup adalah Ketua DPC Partai Hanura Nursigit Effendi, Kepala Desa Sidomulyo Tanggono dan Ketua DPC Partai Nasdem Tugino.

Dari ke-14 calon tersebut, hanya Gagarin dan Riyanto yang tidak mengembalikan berkas formulir sampai dengan batas akhir pengembalian pada Jumat (27/3/2020).

Pewarta: Julian Tondo/Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan