Dinas PUPR Pacitan Tinjau Tanggul Jebol di Desa Mentoro

oleh -13247 views
Sekertaris Dinas PUPR Pacitan, Suparlan saat berada di lokasi tanggul Jebol, Desa Mentoro. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Tim dari Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Pacitan, langsung melakukan tinjau lapangan di lokasi bencana, erosi sungai, Dusun Duduhan, Desa Mentoro, Selasa, (24/3/2020).

Sekretaris Dinas PUPR Pacitan, Suparlan, mengatakan, pihaknya akan melakukan kajian-kajian teknis setelah melihat dan menyaksikan sendiri kondisi tanggul sungai yang memang terus ambrol ketika ada kenaikan debit air sungai.

“Jarak dengan perumahan warga masih sekitar 20 meter. Kondisi tanggul memang mengkhawatirkan ketika ada kenaikan debit air sungai,” ujarnya, saat berada di lokasi.

Ia yang saat itu bersama Kabid Pengelolaan Sumber Daya Air,  Dinas PUPR, Yudo Tri Kuncoro, menegaskan, secepatnya persoalan yang ditemukan dilapangan itu akan disampaikan ke Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo (BS).

“Kewenangan atas sungai-sungai memang ada di BBWS. Kami hanya sebatas fungsi koordinatif,” ujar orang nomor dua di Dinas PUPR ini.

Sementara itu, Yudo Tri Kuncoro mengatakan, persoalan tanggul yang tergerus erosi air di Desa Mentoro tersebut, telah ia sampaikan ke pihak BBWS. Bahkan sebelumnya, Kepala Dinas PUPR, Edi Junan Achmadi, juga telah melaporkan bersamaan dengan persoalan di Desa Semanten.

“Kita sudah sampaikan ke pihak BBWS. Semoga segera ada tindak lanjut,” terang Yudo, secara terpisah

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan