Kades Semanten Pacitan Canangkan Germas Cegah COVID-19

oleh -13398 views

Pacitanku.com, PACITAN– Upaya pencegahan wabah coronavirus disease 2019 (COVID-19), juga sudah dilakukan salah satu pemerintah desa di Pacitan. Seperti di Desa Semanten ini. Mereka bersama masyarakat desa setempat melakukan aksi gerakan masyarakat hidup sehat (Gernas). Kegiatan tersebut juga melibatkan babinsa dan babinkamtibmas.

Kepala Desa Semanten, Syarifuddin Hidayat mengatakan, mulai hari ini Germas dicanangkan sebagai upaya membantu pemerintah menangani COVID-19.

“Ini partisipasi Desa Semanten ikut peran serta sosialiasi pencegahan COVID-19,” kata Syarifuddin, Senin (23/3/2020).

Adapun upaya yang dilakukan, diantaranya menyediakan toren air di halte pemberhentian bus untuk praktek masyarakat bagaimana bisa melakukan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Masyarakat praktek langsung agar tahu bagaimana PHBS dan cuci tangan pakai sabun (CTPS) yang benar. Kita juga melibatkan tim dari Dinas Kesehatan,” ujarnya.

Menurut Ipud, begitu kepala desa berbasis ASN ini akrab disapa, kegiatan PHBS dan CTPS ini diharapkan bisa dilaksanakan setiap hari, sebagai upaya mencegah COVID-19.

“Dengan kegiatan Germas ini, masyarakat akan semakin sadar, bagaimana mengantisipasi diri dari serangan coronavirus,” tegasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan