Intensitas Hujan Meningkat, UPT PJJ Pacitan Lakukan Pengamatan Jalan

oleh -13263 views

Pacitanku.com, PACITAN – Menjelang musim kemarau, intensitas hujan di kawasan Kota Pacitan sekitarnya, justru mulai meningkat.

Hampir saban hari, hujan dengan intensitas tinggi terus mengguyur kawasan kota, dan beberapa belahan Utara, Timur dan Barat Pacitan.

Guna antisipasi kebencanaan, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pembangunan Jalan dan Jembatan (PJJ) Dinas PU dan Binamarga Pemprov Jatim wilayah Pacitan, terus melakukan pengamanan ruas-ruas jalan yang berpotensi terjadinya longsor ataupun gunturan.

“Begitu terjadi hujan, kami langsung kerahkan personil ke lapangan guna melakukan pengamatan kondisi jalan. Utamanya di sepanjang ruas jalan Arjosari-Purwantoro dan Pacitan-Ponorogo. Sebab di kawasan tersebut, memang berpotensi terjadinya gunturan ataupun longsoran,” ujar Kasie PJJ, UPT PJJ, Dinas PU dan Binamarga Pemprov Jatim wilayah Pacitan, Budi Hari Santoso, melalui ponselnya, Rabu (4/3/2020).

Tak hanya itu, sejak dua hari kemarin, pihaknya juga telah mendatangkan mekanik alat berat dari Surabaya, untuk melakukan maintenance. Sebab diakuinya, peralatan yang ada di UPT PJJ Pacitan, perlu perawatan dan servis.

“Kita service, ganti oli dan perbaikan-perbaikan kecil. Alhamdulillah, saat ini semua sudah ready dan siap diterjunkan ke lapangan seandainya sewaktu-waktu terjadi bencana,” jelasnya.

Budi menyadari, bencana alam tak bisa diprediksi. Baik dari sisi waktu maupun lokasinya. Kendati begitu, sebagai pelayan masyarakat, dirinya harus selalu siap siaga seandainya diperlukan untuk penanganan masalah kebencanaan.

“Bencana itu tanggung jawab kita bersama. Bukan hanya OPD lingkup Pemkab, namun Pemprov Jatim juga harus selalu ada ditengah masyarakat ketika diperlukan,” tandasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Penyunting: Dwi Purnawan