PKB Pacitan Jalin Koalisi dengan PDIP

oleh -178 views
Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Pacitan menggelar konsolidasi dengan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU). (Foto: Rojihan/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Setelah lama tidak mengambil sikap, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Pacitan mulai menentukan langkah politiknya dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pacitan tahun 2020.

PKB Pacitan memastikan akan membangun koalisi dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Pacitan.

Ketua DPC PKB Pacitan, Fibi Irawan menegaskan, kalau partai yang dinahkodainya tidak akan mungkin bergabung dengan Partai Demokrat (PD) yang lebih dulu membuka panjaringan calon bupati dan wakil bupati.

Besar kemungkinan, partai berlambang Bola Dunia itu akan membesut pasangan calon bersama PDIP.

“Insyaallah pekan depan, kami akan melakukan deklarasi koalisi bersama PDIP,” kata Fibi saat dihubungi melalui ponselnya, Kamis (13/2/2020).

Kepastian PKB tidak bergabung dengan Partai Demokrat, memang cukup beralasan. Mengingat Partai Berlambang Bintang Mercy itu akan membesut pasangan calon secara mandiri.

“Menilik statement salah satu anggota tim penjaringan pasangan calon bupati dan wakil bupati di DPC PD, bahwa PD akan mengusung pasangan secara mandiri. Secara otomatis pintu koalisi PD tertutup. Sehingga PKB akan mengambil langkah politik bersama partai lain untuk membentuk koalisi sendiri. Kayaknya PKB ada chemistry dengan PDIP, dan akan kami tindaklanjuti dengan Deklarasi Koalisi bersama PDIP,” jelasnya.

Lebih lanjut Fibi mengatakan, pada tahap awal ini PKB baru sebatas melakukan kepastian koalisi dengan PDIP. Sebab sangat dimaklumi kalau partai besutan Presiden ke empat RI, KH Abdul Rahman Wahid (Gus Dur) itu, hanya mendapatkan lima kursi di DPRD Pacitan. Tentu untuk bisa memenuhi ambang batas pencalonan, mereka harus membuka kran koalisi dengan parpol lainnya.

“Kita dengan PDIP sudah terkumpul 11 kursi. PKB 5 dan PDIP enam kursi. Sehingga dari aturan, koalisi PKB dan PDIP sudah bisa membesut pasangan calon,”tandasnya.

Sementara itu, Ketua DPC PDIP Pacitan, Eko Setyo Ranu, membenarkan kalau PDIP hendak melakukan koalisi bersama PKB di Pilbup 2020.

“Kami memang ada chemistry sama PKB. Karena itulah, koalisi segera kita bangun agar Pilbup Pacitan lebih memiliki warna,” katanya ditempat terpisah.

Menurut Eko, PDIP dan PKB punya tujuan yang sama. Yaitu menjadikan Pacitan lebih maju, makmur sejahtera, dan lebih baik dari hari ini.

“Tujuan kita sama kok, ingin membangun Pacitan lebih maju lagi,” jelasnya.

Soal pasangan calon, sementara waktu ini memang sudah ada arah dan gambaran figur yang diidamkan untuk bisa menjadi pesaing dari Partai Demokrat di panggung Pilbup mendatang. Akan tetapi, Eko belum bersedia menyebutkan.

“PDIP dan PKB ini kan tidak dilirik orang ataupun bakal calon. Karena itu, kita akan tunjukkan eksistensi kita agar pemilu nanti lebih punya warna dan lebih demokratis. Sebab masyarakat akan punya banyak pilihan, tidak hanya terpaku dari satu pasangan calon besutan partai sebelah,” pungkasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Penyunting: Dwi Purnawan