Dari 14 Calon yang Daftar di Partai Demokrat, Diprediksi Hanya 6-8 yang Serius

oleh -131.217 views
Anggota Fraksi Gerakan Keadilan Pembangunan DPRD Pacitan, Sediono. (Yuniardi Sutondo).

Pacitanku.com, PACITAN –Anggota Fraksi Gerakan Keadilan Pembangunan, DPRD Kabupaten Pacitan, Sediono, memprediksi dari 14 bakal calon bupati dan wakil bupati yang mendaftar sebagai calon kepala daerah maupun wakilnya di Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat (PD), tak sampai separonya yang bakal mengembalikan formulir pendaftaran ke tim penjaringan.

Sediono berpendapat, paling banyak hanya 6 sampai 8 yang serius melanjutkan tahapan pendaftaran. Mereka diantaranya, Indrata Nur Bayu Aji, Ronny Wahyono, Yudi Sumbogo, Afgani Wardhana, Subroto, Winarni, Sudjatno dan Prof Sudijono Sastroatmodjo.

“Selebihnya saya prediksi tidak akan mengembalikan formulir. Sebab mereka itu hanya mencari sensasi politik atau pencitraan,” katanya memberikan pendapat terkait fenomena banyaknya pendaftar calon bupati di DPC PD, Rabu (12/2/2020).

Sedangkan untuk Gagarin, lanjut dia, besar kemungkinan akan kembali ke partai induknya, yaitu Partai Golkar.

Sebab sebagaimana Informasi yang dia peroleh dari elite PD di level pusat, sangat tidak memungkinkan apabila partai besutan presiden ke enam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut akan mengambil calon diluar kader.

“Gagarin kami prediksi akan kembali ke Golkar atau gabungan partai lainnya yang akan mengusungnya. Sedangkan bakal calon lainnya, itu hanya mencari pencitraan dan sensasi politik semata,” tutur legislator berbasis Partai Gerindra ini.

Namun, apabila peta politik di internal PD berubah, bisa jadi Gagarin berpotensi mendapatkan rekomendasi.

“Bukan sebagai calon bupati, melainkan sebagai calon wakil bupati. Selain itu, kalaupun Gagarin berhasil ‘mencuri‘ rekomendasi sebagai calon wakil bupati, tentu ia harus melepas bajunya (Partai Golkar). Dan kami prediksi, pilkada selesai. Kemungkinan akan melawan bumbung kosong,” tegasnya.

Lebih lanjut, Sediono mengatakan, panggung politik pemilu kepala daerah di Pacitan, diharapkan jangan dijadikan ajang permainan atau dagelan politik. “Sebab ini sangat menentukan nasib daerah kedepannya,”pungkas Sediono.

Sebagai informasi, hingga masa pendaftaran Bacabup-Bacawabup di Partai Demokrar berakhir pada Selasa (11/2/2020), ada-14 Bacabup dan Bacawabup yang mendaftar melalui Partai Demokrat.

Ke-14 Bacabup tersebut adalah Wakil Bupati Yudi Sumbogo, guru besar Universitas Negeri Semarang (UNNES) Sudijono Sastroatmodjo. Kemudian advokat senior Sugeng Nugroho, pensiunan aparatur sipil Negara (ASN) Subroto, pengusaha perempuan Winarni, Wakil Ketua DPRD Pacitan Gagarin.

Kemudian juga turut mendaftar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Surabaya Afghani Wardhana, Ketua DPRD Pacitan Indrata Nur Bayuaji, dosen FE Universitas Brawijaya Sudjatno, Ketua Fraksi PD DPRD Pacitan Ronny Wahyono, Ketua DPC Partai Hanura Nur Sigit Effendi dan Ketua DPC Partai Gerindra Riyanto.

Sementara dua calon yang mendaftar sebagai Bacawabup adalah Kepala Desa Sidomulyo Tanggono dan Ketua DPC Partai Nasdem Tugino.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Penyunting: Dwi Purnawan