Di HPN 2020, Indartato Ajak Masyarakat Sukseskan Pilbup Pacitan

oleh -174 views
Seminar Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020 yang digelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pacitan pada Ahad (9/2/2020). (Foto: Yahya Ali Rahmawan)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Indartato turut menjadi pembicara dalam kegiatan seminar Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020 yang digelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pacitan pada Ahad (9/2/2020) di hotel Srikandi, Jalan Ahmad Yani nomor 60 A Pacitan.

Agenda seminar HPN 2020 ini digelar dengan tajuk “Mengawal pesta demokrasi berkualitas dan berintegritas.”

Dalam kesempatan tersebut, Indartato menyampaikan sejumlah hal, utamanya terkait lima kunci sukses agenda Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pacitan yang diselenggarakan pada 23 September 2020 mendatang.

“Yang pertama adalah regulasi atau aturan yang diatur dalam Undang-undang (UU), yang kedua penyelenggara, dalam hal ini KPU dan Bawaslu,”kata Indartato

Selanjutnya yang ketiga, kata Indartato, adalah aktor politik, yaitu calon bupati dan partai politik.

“Aktor disini harus memiliki tiga modal yaitu modal sosial berupa perilaku baik calon dan Parpol pengusung akan mendapatkan kepercayaan, kemudian modal politik dan modal ekonomi,”jelasnya.

Selanjutnya, yang keempat adalah  penentu yaitu rakyat yang sudah memiliki hak pilih.

“Yang kelima adalah dana yang disiapkan untuk Pilbup,”ujar Indartato.

Indartato sendiri mengatakan pihaknya menganggarkan dana untuk Pilbup Pacitan tahun 2020 sebesar Rp50 miliar dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pacitan. “kita anggarkan dari APBD sebesar Rp50 miliar,”kata pria yang juga Ketua DPC Partai Demokrat Pacitan ini.

Dalam menghadapi Pilbup Pacitan, Indartato juga berpesan kepada masyarakat Pacitan untuk menyukseskannya.

“Kepada seluruh masyarakat, mari kita sukseskan Pilbup Pacitan, Pacitan harus lebih baik lagi dimasa yang akan datang, silahkan memilih calon yang bisa membawa Pacitan lebih baik lagi,”ungkapnya.

Selain itu, Indartato mengatakan, kepada para aktor politik, Indartato mengatakan hidup adalah pilihan yang membawa konsekuensi.

“Pilihan itu membawa konsekuensi, yang hasilnya menang atau kalah, untuk itu diperlukan kesabaran bagi semuanya, semua adalah sarana melakukan pengabdian kepada masyarakat,”tandasnya.

Secara khusus, Indartato menceritakan dirinya sudah mengalami proses politik yang sangat panjang. Sehinga saat menjadi Bupati, kebijakan yang ditelurkan kepada masyarakat akan menentukan.

“Setelah akhirnya menjadi Bupati, kebijakan kita sangat menentukan meskipun setiap hari saya dirasani oleh masyarakat, saya berusaha sebaik mungkin memimpin Pacitan, akhirnya saya ucapkan kepada masyarakat untuk memilih calon pemimpin Pacitan di masa yang akan datang,”pungkasnya.

Selain Indartato, sejumlah narasumber juga hadir dalam seminar tersebut, diantaranya Ketua KPU Pacitan Sulis Styorini, anggota Bawaslu Pacitan Agus Haryanto, perwakilan Kodim 0801/Pacitan dan juga dari Polres Pacitan.

Pewarta: Yahya Ali Rahmawan
Penyunting: Dwi Purnawan