Cegah Erosi, Warga Semanten Pacitan Tanam Vertiver

oleh -418 views

Pacitanku.com, PACITAN — Presiden Joko Widodo menghimbau masyarakat, pemerintah dan dunia usaha untuk bersama-sama mencegah bencana alam dengan menanam vertiver (akar wangi) yang berfungsi sebagai pencegah erosi dan longsor.

Terkait hal itu, sejumlah relawan dan masyarakat Desa Semanten, Kecamatan/Kabupaten Pacitan, bergerak untuk kerja bakti menanam tanaman tersebut di sepadan sungai Dusun Ngawen.

Perlu diketahui, sepadan sungai Ngawen adalah daerah rawan terdampak erosi dan banjir. Pasca bencana 2017 sampai saat ini, sungai Dusun Ngawen telah mengalami erosi dan menghabiskan lahan warga selebar kurang lebih 25 meter. Dan jika dibiarkan erosi akan terus berlangsung karena derasnya air saat musim hujan.

“Trauma bencana 2017 lalu masih sangat membekas. Rumah kami tenggelam kebun kami habis terkena erosi. Maka dari itu kami warga Ngawen, yang dibantu sejumlah relawan melakukan kerja bakti menanam akar wangi. Harapannya ini bisa mencegah erosi.” jelas Purwiyanto Imung, warga Dusun Ngawen Semanten, Sabtu (08/2/2020).

Acara kerja bakti warga beserta relawan ini tanpa diduga dihadiri secara pribadi oleh Dandim 0801/Pacitan, Letkol Inf Nuri Wahyudi. Kedatangan Dandim secara tiba-tiba, menjadikan warga dan relawan semakin semangat untuk terus bergerak memitigasi bencana.

“Saya di undang pribadi melalui pesan WhatsApp oleh rekan relawan. Dan saya langsung datang ke-Ngawen. Semangat warga dan teman-teman relawan sangat luar biasa. Tanpa di komando langsung berbuat untuk lingkungan. Semoga ini menjadi contoh untuk warga lainnya. Agar bergerak bersama mencegah kemungkinan terjadi
bencana, karena tanpa dukungan banyak pihak, mustahil kita dapat memitigasi bencana,” jelas Dandim Nuri.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Penyunting: Dwi Purnawan