Bina Marga Jatim Lakukan Normalisasi Saluran dan Jalan di Sejumlah Titik di Pacitan

oleh -13344 views
NORMALISASI. Dinas PU dan Binamarga Pemprov Jatim wilayah Pacitan, terus berupaya melakukan pembenahan fungsi saluran disepanjang jalur Pacitan-Ponorogo di Tegalombo. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Bina Marga Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur wilayah Pacitan terus berupaya melakukan pembenahan fungsi saluran disepanjang jalur Pacitan-Ponorogo dan Arjosari-Purwantoro.

Kasie Pembangunan Jalan dan Jembatan (PJJ), UPT PJJ Dinas PU dan Binamarga Pemprov Jatim wilayah Pacitan, Budi Hari Santoso, mengatakan, setelah Arjosari, saat ini pihaknya melakukan ekspansi kegiatan ke wilayah Kecamatan Tegalombo.

Sebab, menurut dia, di lokasi tersebut terdapat saluran yang tersumbat, tepatnya di depan kantor Pos.

“Saat ini tengah kita bersihkan, sebab banyak sekali sampah yang menyumbat. Kondisi ini kalau terus dibiarkan akan menjadi pemicu terjadinya banjir. Sebab air tak bisa mengalir secara normal,” katanya, melalui hubungan telepon, Jumat (31/1/2020).

Lebih lanjut, Budi berharap agar saluran bisa berfungsi secara normal, kesadaran masyarakat juga harus lebih ditingkatkan. Terutama dalam mengelola limbah atau sampah rumah tangga.

“Sebab yang paling banyak menyumbat saluran, itu berasal dari sampah rumah tangga,” tutur Budi.

Selain melakukan perbaikan saluran, lanjut dia, pihaknya juga mulai melakukan penambalan lubang jalan, utamanya di seputaran Desa Gemaharjo. Sebab dikawasan tersebut yang paling banyak tergerus air bah.

“Lokasinya memang parsial atau spot-spot tertentu. Saat ini kita upayakan perbaikan meskipun dengan keterbatasan anggaran yang ada. Sebab di awal tahun, proses tata kelola anggaran belum berjalan. Ya kita berupaya semaksimal mungkin demi pendekatan pelayanan kepada masyarakat,”pungkasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Penyunting: Dwi Purnawan