Kapolres Pacitan: Tiga Pilar Harus Saling Sinergi

oleh -454 views
Kapolres Pacitan AKBP Didik Hariyanto (tengah). Foto oleh Agus Hermawan

Pacitanku.com, PACITAN – Kepala Kepolisian Resor Pacitan AKBP Didik Haryanto menyebut tiga pilar di Pacitan harus saling bersinergi untuk menyelesaikan segala persoalan di tengah masyarakat. Hal itu disampaikan Didik usai acara Istighosah di Pendopo Kabupaten Pacitan, Jumat (17/1/2020).

Tiga pilar dimaksud adalah Bintara Pembina Desa (Babinsa), Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) serta para Kepala Desa/Lurah se- Kabupaten Pacitan.

Kapolres yang belum lama menjabat di Pacitan ini menyebut para  personil Babinsa, Bhabinkamtibmas serta para kepala desa dan lurah, agar bisa bekerja sama dalam segala hal problem yang ada di tengah masyarakat.

“Seperti yang saya katakan dalam sambutan tadi,  kegiatan istighosah seperti ini merupakan forum untuk memanjadikan doa bersama, terkait dengan terjadinya bencana di Indonesia.  Dan khususnya di Kabupaten Pacitan yang kita cintai, semoga mendapatkan perlindungan dari Allah SWT,” kata Didik.

Dirinya berharap, dari ketiga pilar tersebut diperlukan dukungan dan sinergitas semua pihak, khususnya dari para Babinsa, Bhabinkamtibmas dan para kades dan lurah untuk senantiasa memonitor, mendeteksi berbagai persoalan di masyarakat yang bisa menimbulkan konflik lebih besar di wilayahnya masing-masing.

“Dalam konteks ini, tiga pilar memiliki peran penting dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat jika timbul masalah untuk secepatnya diselesaikan di wilayahnya masing-masing, “tandasnya.

Sehingga, imbuhnya, hal-hal yang dianggap menjadi persoalan, sedini mungkin dicarikan solusi dengan melibatkan pihak-pihak yang terkait.

Didik mengatakan, ibarat sebuah bangunan, tiga pilar inilah yang menopang bangunan tersebut untuk tetap berdiri. Kalau pilar ini kuat maka bangunan itu itu pun juga kuat. Pilar tersebut, harus saling menyanggah dan menyokong, serta bersinergi.

“Oleh karena itu, momentum istighotsah  tersebut, untuk menjalin komunikasi dan mengembangkan kebersamaan  antara tiga pilar, termasuk koordinasi antara camat, danr amil dan kapolsek,” kata Didik.

Tiga pilar, kata Didik, menjadi bagian dari unit cooling system atau pihak yang mendinginkan suasana jika terjadi permasalahan di wilayahnya masing-masing.

“Kalau di desa ada permasalahan yang menghangat, ketiga pilar ini harus mengambil peran. Kades ajak Babinsa atau Bhabinkamtibmas untuk menyelesaian permasalahan warga tersebut,” ungkap Didik.

Senada dengan Didik, Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 0801/Pacitan Letkol Inf Nuri  Wahyudi, juga mengharapkan dari ketiga pilar, senantiasa bersinergi di lapangan, agar kehidupan masyarakat di wilayahnya lebih kondusif.

“Kita ini bagian dari sistem negara, semuanya punya tanggungjawab masing-masing dalam menjaga suasana kehidupan di masyarakat,” kata Nuri.

Pewarta: Agus Hermawan
Penyunting: Dwi Purnawan