Peringati Hari Ibu, PKS Pacitan Gelar Seminar Pendidikan Politik Perempuan

oleh -13611 views
PEREMPUAN PEDULI POLITIK. Kegiatan seminar pendidikan politik perempuan digelar pada Ahad (22/12/2019) sekaligus sebagai rangkaian dari peringatan hari ibu. (Foto: IST)

Pacitanku.com, PACITAN – Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Pacitan menggelar agenda seminar pendidikan bagi perempuan. Kegiatan tersebut digelar pada Ahad (22/12/2019) sekaligus sebagai rangkaian dari  peringatan hari ibu.

Seminar tersebut menghadirkan Ketua BPKK DPD PKS Pacitan Nur Hidayati dan Anggota DPRD Kabupaten Pacitan Ririn Subianti. Kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan penyaluran gaji pokok dewan.

Ketua BPKK DPD PKS Pacitan Nur Hidayati mengatakan agenda ini sebagai bentuk silaturahmi, komunikasi politik dan peningkatan soliditas kader dan relawan perempuan.

“Acara ini juga meningkatkan kapasitas SDM  perempuan PKS dalam rangka mengokohkan peran perempuan atau ibu sebagai pemersatu bangsa,”katanya.

Nur mengatakan kegiatan ini akan berlanjut dan berkesinambungan sebagai bentuk kontribusi perempuan di dunia politik.

“BPKK akan terus berupaya mewujudkan program-program yang menyentuh pemberdayaan perempuan dan ketahanan keluarga di Pacitan melalui Rumah Keluarga Indonesia (RKI) di setiap kecamatan,”jelasnya.

Sementara, pembicara seminar pendidikan politik perempuan, Ririn Subianti mengatakan semakin banyak perempuan yang cerdas dan peduli politik akan semakin baik.

“Jika semakin banyak perempuan peduli politik, maka peran  perempuan di kancah perpolitikan tidak dipandang sebelah mata. Tidak sekedar aksesoris dan syarat pemenuhan kuota minimal,”kata Ririn.

Ririn yang saat ini duduk di komisi dua DPRD selanjutnya akan mendorong perempuan PKS melalui BPKK untuk meningkatkan peran-peran politiknya melalui pengenalan perangkat-perangkat birokrasi pemerintahan di daerah dan pemahaman terhadap  peran dan fungsi anggota DPRD.

Dengan demikian Ririn berharap, kedepan kader perempuan PKS siap berkompetisi di pemilu 2024. “Tidak sekedar pelengkap dan titip nama,”tegasnya.

Kegiatan tersebut diikuti puluhan peserta yang terdiri dari pengurus BPKK, pengurus BPKK kecamatan se Kabupaten Pacitan, saksi desa dan TPS perempuan, tim IT  dan relawan perempuan PKS.

Salah satu peserta seminar, Tri Handayani utusan dari Desa Ketro, Kecamatan Tulakan mengungkapkan acara ini sangat dinanti oleh kader di bawah.

“Meskipun jauh dan banyak kesibukan di desa karena musim manten saya tetap berusaha hadir agar bisa mendapat pencerahan,”katanya.