598 Taruna Akademi TNI Napak Tilas Rute Gerilya Jenderal Soedirman di Pacitan

oleh -131.858 views
Sebanyak 598 taruna Akademi Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengikuti napak tilas rute gerilya Panglima Besar Jenderal Soedirman. (Foto: Dokumen Puspen TNI)

Pacitanku.com, PACITAN – Sebanyak 598 taruna Akademi Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengikuti napak tilas rute gerilya Panglima Besar Jenderal Soedirman dalam kegiatan yang bertajuk Penghayatan Rute Gerilya Panglima Besar Jenderal Sudirman (RPS).

Kegiatan tersebut digelar sejak Senin (9/12/2019) hingga Kamis (12/9/2019) di wilayah rute gerilya di Pacitan, Jawa Timur.

Baca juga: Begini Romantika Perjuangan 107 Hari Jenderal Soedirman di Pacitan

Dalam siaran pers Pusat Penerangan TNI, Rabu (11/12/2019), sebanyak 596 Taruna Akademi TNI dilepas oleh Direktur Umum (Dirum) Akademi TNI Brigjen TNI Pramudya AP mewakili Danjen Akademi TNI Laksdya TNI Aan Kurnia pada (Selasa 10/12 2019).

“Kegiatan Napak Tilas RPS ini dimaksudkan untuk menanamkan dan menumbuhkembangkan jiwa kejuangan, kepemimpinan dan semangat integrasi dari para Capratar Akademi TNI agar mereka secara dini sudah mempersiapkan diri agar kelak mereka menjadi calon-calon Pimpinan TNI yang cakap dan profesional,”katanya.

Adapun, pada pelaksanaan kegiatan Napak Tilas RPS kali ini, diawali dengan pelepasan dengan bendera star oleh Dirum Akademi TNI peserta 596 taruna selanjutnya menyusuri medan yang cukup menantang serta kontur tanah yang berbukit di etape 1 dari Desa Kemuning dan berakhir Dan Solerejo.

Adapun, selama melaksanakan Napak Tilas RPS, para Capratar Akademi TNI tidak ketinggalan melaksanakan penyerahan bahan kontak kepada masyarakat dan hiburan pemutaran film oleh Penerangan dan Komlek Akademi TNI.

Sebelumnya, pada Senin (9/12/2019), Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo juga turut memberikan sambutan dalam Upacara Penyerahan Tandu Duplikat Latihan RPS Taruna Akademi TNI di Lapangan Pangkalan TNI AU Detasemen Pacitan.

Video Monumen Jenderal Soedirman: