Dadapan Masuk 10 Nominasi Lomba Desa Wisata Nusantara

oleh -133.060 views
Kawasan Wisata Sentono Genthong Pacitan (Foto: Frendi Setiawan Pradikdo)

Pacitanku.com, PACITAN – Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan masuk dalam 10 nominasi lomba desa wisata nusantara untuk desa wisata kategori berkembang.

Seperti dikutip Pacitanku.com dalam pengumuman direktorat jenderal pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) di laman ditjenppmd.kemendesa.go.id, Sabtu (2/11/2019), menyebutkan penilaian tersebut berdasarkan verifikasi lapang tim verifikasi lomba desa wisata nusantara tahun 2019 sejak tanggal 7 sampai 26 oktober 2019.

Disebutkan di laman tersebut, Desa Dadapan akan bersaing dengan 9 desa lainnya untuk kategori berkembang, yakni Desa Kembang Kuning Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur Desa Tebara Kecamatan Waikububak Kabupaten Sumba Barat, Desa Tiwingan Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar.

Kemudian Desa Tenilo Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo, Desa Apar Kecamatan pariaman Utara Kota Pariaman, Desa Pendung Talang Genting Kecamatan Danau Kerinci Kabupaten Kerinci, Desa Sukaratu Kecamatan banyuresmi Kabupaten Garut, Desa Tanalun Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga, dan Desa Jatimulyo Kecamatan Girimulyo Kecamatan Kulonprogo.

Selanjutnya, Dadapan bersama 9 desa untuk nominasi kategori berkembang dan 10 desa kategori maju, akan menjalani penilaian akhir untuk menentukan juara lomba desa wisata pada Selasa (19/11/2019) mendatang di Ditjen PPMD Kemendes PDTT Jalan TMP Kalibata 17 Jakarta Selatan.

Selama ini, Desa Dadapan merupakan salah satu desa wisata di Pacitan. Ada beberapa potensi wisata unggulan di Desa Dadapan, diantaranya adalah Beiji Park, Sentono Genthong dan Monumen Tumpak Rinjing.

Beiji Park sendiri adalah salah satu kawasan wisata alam, lengakap dengan berbagai wahananya yang terletak  di Dusun Beji, Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku. Beiji Park yang terletak di tepi jalur utama Pacitan-Solo yang berada di kawasan perhutani ini menyuguhkan pemandangan yang cocok untuk para traveler pecinta selfie sehingga sengaja dikembangkan jadi obyek wisata.

Sementara, Sentono Genthong adalah bukit pandang yang indah di Pacitan berupa bukit jurang kars, dan jika berada di kawasan tersebut, akan menikmati sejuta pesona karena akan melihat di sepanjang sudut mata, Kota Pacitan terlihat jelas tanpa penghalang, teluk Pacitan dengan latar belakang kawasan Gunung Lima yang menjadi titik terindah di kawasan ini.

Selain dua tempat wisata tersebut, ada satu lagi yakni Monumen Tumpak Rinjing terletak di Dusun Gesingan, Desa Dadapan, kecamatan Pringkuku, dimana monument ini menjadi saksi bisu pertemuan Jenderal Soedirman dan Brigjen Ignatius Slamet Riyadi.

10 besar nominasi pemenang lomba desa wisata nusantara 2019

A. Desa Wisata Kategori Maju

  1. Desa Sukalaksana, Kecamatan Semarang, Kabupaten Garut,
  2. Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran,
  3. Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang,
  4. Desa Punjulharjo, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang,
  5. Desa Kemiren, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Banyuwangi,
  6. Desa Karangsalam, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas,
  7. Desa Taro, Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar,
  8. Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman,
  9. Desa Bawuran, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul,
  10. Desa Tridadi, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman.

B.  Desa Wisata Kategori Berkembang

  1. Desa Kembang Kuning, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur,
  2. Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan,
  3. Desa Tebara, Kecamatan Waikububak, Kabupaten Sumba Barat,
  4. Desa Tiwingan, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar,
  5. Desa Tenilo, Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo,
  6. Desa Apar, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman,
  7. Desa Pendung Talang Genting, Kecamatan Danau Kerinci, Kabupaten Kerinci,
  8. Desa Sukaratu, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut,
  9. Desa Tanalun, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga,
  10. Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kecamatan Kulonprogo.