Disdukcapil Pacitan Siap Jemput Bola Layani Perekaman KTP-el untuk Lansia

oleh -739 views

Pacitanku.com, PACITAN – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pacitan siap melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik dengan sistem jemput bola untuk para warga lanjut usia (lansia) dan yang sakit sehingga tidak mampu melakukan perekaman data.

Kabid Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Pacitan Djohan Perwiranto mengatakan, program tersebut merupakan bentuk dorongan agar seluruh masyarakat di Kabupaten Pacitan, tanpa terkecuali memiliki KTP elektronik selama persedian bahan KTP tersedia.

“Jadi ini adalah bagian dari pelayanan kami kepada masyarakat yang sedang memgalami kesulitan. Jika kalau ada warga masyarakat sakit terbaring dan tidak mampu datang ke kantor, biar kami yang menjemputnya,”kata Djohan saat ditemui di kantornya pada Jumat (1/11/2019) di Pacitan.

Lebih lanjut, Djohan mengatakan dalam tahapan proses, warga masyarakat memerlukan surat pengantar RT dan RW.

Djohan Perwiranto. (Foto: Agus Hermawan)

Kemudian cukup melaporkan kepada pihak kelurahan setempat, lalu pihak dari perwakilan dari salah satu warga bisa menghubungi Disdukcapil untuk mengirimkan salah satu tim agar melakukan perekaman di rumah.

“Bila setiap saat ada permintaan, akan kami lakukan terus disetiap lokasi desa tersebut, kami akan mempersiapkan alat seperti sensormata, alat sidik jari, laptop, layar, dan alat memfoto,” katanya.

Selanjutnya, Djohan mengatakan data yang masuk tetap akan diuji ketunggalanya. Apabila datanya valid, bukti perekaman akan dicetak dikantor setempat dan bisa diambil oleh wakil dari tim atau warga.

Secara khusus, Djohan mengatakan selama tahun 2019 pihaknya siap membantu bagi kaum dhuafa dan warga masyarakat yang jompo. “Dan kami juga bersedia bekerja sama dengan Petarung kehidupan yang di pimpin oleh saudara Susilo,”pungkasnya.

Pewarta: Agus Hermawan
Penyunting: Dwi Purnawan