BPBD Pacitan: Waspada Cuaca Ekstrem Musim Peralihan

oleh -859 views
Kepala Pelaksana BPBD Pacitan Didik Alih Wibowo. (Foto: Putro Primanto/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan Didik Alih Wibowo menghimbau kepada masyarakat Pacitan untuk mewaspadai cuaca ekstrem di musim peralihan atau pancaroba dari musim kemarau ke musim hujan dalam kurun waktu Oktober hingga November.

Sebagai informasi, pancaroba adalah masa peralihan antara dua musim utama di daerah iklim muson, yaitu di antara musim penghujan dan musim kemarau.

“Cuaca ekstrem yang melanda Pacitan akhir-akhir ini merupakan rangkaian dari puncak musim kemarau,”katanya saat ditemui Pacitanku.com di ruang kerjanya di Pacitan, Rabu (23/10/2019).

Menurut Didik, suhu panas yang melanda Pacitan dan sekitarnya adalah fenomena yang terjadi karena adanya perubahan dari musim kemarau ke musim hujan.

“Terkait kondisi sekarang yang panas, fenomena ini terjadi di seluruh Jawa Timur dengan suhu udara mencapai 38 derajat, hal ini dikarenakan adanya perubahan dari musim kemarau ke musim penghujan,”jelasnya.

Disisi lain, Didik mengatakan dengan topografi daratan Pacitan yang berbatuan kars semakin menjadi panas semakin tinggi.

“Sebagaimana kita ketahui Pacitan merupakan salah satu daerah dengan pegunungan kars yang memanjang dari barat ke timur Pacitan,”tandasnya.

Terkait persiapan musim pancaroba, Didik mengatakan pihak BPBD telah menyiapkan sejumlah langkah antisipatif.

“BPBD sudah menyiapkan antisipasi dengan adanya Posko Banjir dan Longsor, posko ini akan sedia 24 jam serta mengaktifkan semua komponen pemerintah, komunitas, termasuk media dalam menghadapi musim Pancaroba,”ungkapnya.

Secara khusus, Didik juga berpesan kepada masyarakat Pacitan untuk senantiasa waspada dengan mengenali potensi bencana di wilayahnya masing-masing.

Baca juga: BMKG Minta Masyarakat Jatim Waspada Cuaca Ekstrem

Kemudian, kata dia, bagi desa-desa yang sudah terbentuk desa tangguh bencana (Destana) diharapkan sudah mulai bergerak dalam menghadapi musim pancaroba.

Saat ini, Didik mengatakan BPBD telah menyiapkan posko yang siaga memberikan informasi melalui website BPBD Pacitan yang dapat diakses di https://bpbd.pacitankab.go.id/.

“Selain ketiga hal tersebut dalam waktu dekat BPBD akan mengajukan surat edaran ke Bupati Pacitan terkait cuaca saat ini,”pungkasnya.

Pewarta: Putro Primanto
Penyunting: Dwi Purnawan