KNPI Pacitan Gelar Seleksi Duta Pemuda untuk Jambore Pemuda Tingkat Provinsi

oleh -13970 views
Kegiatan seleksi duta pemuda yang dilaksanakan di gedung Karya Dharma Pacitan pada Minggu (29/9/2019). (Foto: Wildan Nur Swi Harmoko)

Pacitanku.com, PACITAN – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Pacitan menggelar seleksi untuk untuk jambore pemuda tingkat provinsi yang akan diselenggarakan akhir bulan ini di Kabupaten Pamekasan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di gedung karya dharma Pacitan pada Minggu (29/9/2019).

Ketua panitia seleksi Muhammad Rico Dwicahyo dalam keterangannya mengatakan tahapan seleksi dilakukan melalui empat mekanisme. Yakni tahap uji kemampuan Information Tecnology (IT), pengetahuan umum dan wawasan kebangsaan, serta kemampuan Bahasa Inggris dan kemampuan bakat minat.

“Proses seleksi ini adalah yang pertama kali diselenggarakan di Pacitan, dan proses seleksi harus dilakukan, tujuanya supaya bisa menjaring yang terbaik dari potensi-potensi yang dimiliki oleh pemuda di pacitan.  Harapannya embrio proses seleksi perdana ini bisa menjadi awal yang baik dan tahun depan wajib dilaksanakan lagi yang lebih baik,”katanya.

Sementara, ketua DPD KNPI Kabupaten Pacitan, Bagus Surya Pratikna menuturkan bahwa potensi kabupaten pacitan sangat luar biasa, sehingga dibutuhkan peran pemuda yang optimal. Mulai dari potensi wisata, budaya, sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM).

“Utamanya sumber daya pemuda, Pacitan memiliki banyak pemuda potensial yang saat ini belum banyak diketahui. Pemuda tersebut ada yang berdomisili di Pacitan saja, sedang menempuh pendidikan di Pacitan dan ada yang menempuh pendidikan diluar kota,”kata pria yang juga anggota DPRD Kabupaten Pacitan ini.

Sehingga, kata Bagus, untuk menjaring potensi tersebut kegiatan Seleksi Duta Pemuda adalah wadah yang tepat untuk mengoptimalkan potensi SDM pemuda Pacitan dalam rangka membangun Pacitan yang lebih baik.

Sementara, Kepala Bidang (Kabid) Pemuda, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Suhartadi mengapresiasi seleksi tersebut.

“Kami mengharapkan kegiatan ini dilaksanakan rutin setiap tahun dalam rangka menyiapkan kader yang akan dikirim mewakili kabupaten Pacitan ke tingkat provinsi dan nasional,”katanya.

Pada seleksi kali ini, terpilih enam peserta delegasi utama dan dua delegasi cadangan, yakni Tata Putra Dimastika, Tyas Ari W, Poin Agus P, Nindy Arista A, Reza Rosalina Damayanti, Fivi Eka Zulianti, H Fafiz Pradana (Delegasi Cadangan) dan Malikatul Jannah (Delegasi Cadangan).

Kontributor: Wildan Nur Swi Harmoko
Penyunting: Dwi Purnawan