Semangat Gotong Royong Pugar Atap Rumah di Pacitan yang Masih Terjaga

oleh -13729 views
Budaya gotong royong memugar atap rumah rupanya masih dilaksanakan sebagian masyarakat Pacitan. (Foto: Agus Hermawan)

Pacitanku.com, PACITAN – Budaya gotong royong memugar atap rumah rupanya masih dilaksanakan sebagian masyarakat Pacitan. Seperti yang dilaksanakan warga Dusun Krajan, RT/RW 02/III Desa Mentoro, Pacitan.

Pada Jumat (27/9/2019), warga di kawasan tersebut mengerjakan atap rumah milik Riyadi, dimana puluhan warga terlibat dalam pengerjaan tersebut.

Usai pengerjaan atap rumah, puluhan warga yang terlibat, menyantap makanan yang disajikan pemilik rumah, dengan menu yang lengkap.

Riyadi mengatakan, tradisi dan budaya gotong royong ini masih terpelihara dan perlu dijaga.

Menurut dia, kegiatan pembongkaran atap rumah dilakukan secara beramai – ramai oleh warga setempat. “Kegiatan gotong royong dilihat dengan era modern sudah tidak masuk akal,”kata dia.

Lebih lanjut, Riyadi mengatakan jika kebutuhan hidup masing – masing warga  memprihatinkan, tapi semangat warga dalam menjaga tradisi gotong royong masih dijaga dan dilestarikan.

“Kita bersykur, budaya gotong royong masih hidup dan lestari dimasyarakat kita sampai saat ini. secara spontan warga dengan kesadaran dan iklas datang membantu,”pungkasnya.

Pewarta: Agus Hermawan
Penyunting: Dwi Purnawan