Pastikan Usung Cabup Pacitan Sendiri, Demokrat akan Buka Pendaftaran Calon

oleh -958 views
KPU Pacitan saat melakukan verifikasi faktual Partai Demokrat, Selasa (30/1/2018).

Pacitanku.com, PACITAN – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Pacitan dipastikan akan mengusung Calon Bupati (Cabup) sendiri dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pacitan yang akan digelar pada tahun 2020 mendatang.

Sekretaris DPC Partai Demokrat Pacitan, Ronny Wahyono saat dihubungi Pacitanku.com pada Minggu (1/9/2019) malam membenarkan partainya akan mengusung Cabup sendiri.

“Insyaallah Partai Demokrat akan mengusung calon sendiri, karena sesuai aturan minimal 20 persen kursi DPRD, artinya dengan minimal 9 kursi di Pacitan bisa mencalonkan (Cabup-red),”katanya.

Baca juga: Partai Demokrat dan SBY Dinilai Masih Jadi Faktor Kunci Pilbup Pacitan 2020

Lebih lanjut, Ronny mengatakan partainya akan melakukan mekanisme  penentuan calon bupati dan wakil bupati setelah partainya membuka pendaftaran Cabup-Cawabup.

“Nanti pada saatnya, sekitar bulan Maret-April (2020-red), Partai Demokrat akan membuka pendaftaran, kita akan membuka pendaftaran, baik itu calon bupati maupun calon wakil bupati,”ujar pria yang pernah menjabat sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pacitan periode 2014-2019 ini.

Terkait nama-nama yang beredar di tengah masyarakat, Ronny menyebut hal itu sebagai sebuah hal yang baik. “Masalah nama, kita ketahui sudah banyak isu yang berkembang, banyak yang ingin maju, ya itu semakin banyak semakin baik,”ujarnya.

Baca juga: Fibi Irawan: PKB-NU Bidik Kursi Cawabup Pacitan

Saat mekanisme pendaftaran internal partainya, Ronny mengatakan akan ada tim penjaringan dan akan merekomendasikan nama yang akan diusung ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat.

“Nanti ada tim penjaringan, nanti akan kita setorkan ke DPP, karena calon bupati dan wabup itu rekomendasi DPP, nah kita DPC melakukan penjaringan, mengumpulkan data,”ujar dia.

Setelah ditentukan nama yang diusung, Ronny mengatakan partainya akan terus memperjuangkan calon untuk Pilbup Pacitan.

“Ini peran dewan, peran anggota fraksi Partai Demokrat sangat besar, karena mereka yang mempunya masa di bawah, dan itu menjadi kewajiban kita untuk memenangkan dan kemudian mengawal visi dan misi Bupati Pacitan terpilih 2021-2026, karena yang mempunya visi dan misi bupati terpilih 2021-2026,”pungkasnya.

Sebagai informasi, Partai Demokrat kembali menjadi yang terkuat dalam agenda pesta demokrasi Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2019 di Kabupaten Pacitan dengan perolehan 96.925 suara. Dari suara tersebut, Partai Demokrat meraih 14 kursi DPRD Kabupaten Pacitan.

Sejumlah nama yang duduk di kursi dewan dari Partai Demokrat adalah Indrata Nur Bayuaji, Anung Dwi Ristanto dan Gimat dari Dapil 1 Pacitan-Pringkuku, Pujo Setyo Hadi dan Triyani dari Dapil 2 Punung-Donorojo.

Kemudian Suprihati Winarcahyani dari Dapil 3 Nawangan-Bandar, Wahidin dan Boimin dari Dapil 4 Tegalombo-Arjosari, Heru Puspo Handoyo dan Tumardi dari Dapil 5 Ngadirojo-Sudimoro, serta Arif Setia Budi, Ronny Wahyono, Rudi Handoko dan Titik Ernawati dari Dapil 6 Kebonagung-Tulakan.

Pilbup Pacitan sendiri direncanakan akan dilaksanakan pada Rabu (23/9/2020) mendatang. Adapun tahapan pelaksanaan Pilbup Pacitan akan dimulai oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan bulan Oktober 2019.

Pewarta: Dwi Purnawan