Islamnya Sahabat Abu Bakar Shiddiq RA

oleh -13 Dilihat

Oleh: Agus Hermawan

Hanya sekedar untuk peringatan bagi kita semua. Betapa berat beban penderitaan para pengikut Nabi Muhammad S.A.W. pada waktu  ISLAM awal dimulai diserukan oleh beliau.

ABU BAKAR R.A. adalah salah satu orang lelaki merdeka, ABU BAKAR merupakan salah satu hartawan besar yang pertama kali beriman setelah SITI KHOTIJAH Istri ROSULULLAH kepada NABI MUHAMMAD S.A.W.

NABI S.A.W. sendiri pernah bersabda ; Maada’autu Ahadaan Ilaali Sllami Illakaanat Lahuu Kabwataan Ghoira Abii Bakrin.

Artinya ;  “Aku tidak mengajak seseorang kepada ISLAM melainkan ada maju mundurnya , kecuali Abi Bakar”.

Diriwayatkan : Pada suatu hari sahabat Abu Bakar R.A. dan NABI S.A.W. dan para sahabat pergi ke sebuah balai beribadatan.

Sesudah mereka sampai, besama – sama Nabi S.A.W dan para sahabat duduk berdampingan. Lalu Abu bakar berbisik mohon izin kepada NABI  S.A.W. untuk berdiri ditengah balai dan akan berseru kepada kaum musrikin  Quraisy, agar mereka mendengar lalu insyaf dan mengikuti seruan ALLAH dan Utusan – NYA. Nabi menjawab : wahai sahabatku, “kita ini masih sedikit! Kita ini masih sedikit hai sahabatku!”

Berkali – kali Beliau menjawab demikian kepada Abu Bakar, akan tetapi Abu Bakar mendesak agar keinginanya dikabulkan untuk berda’wah didepan kaum musyrikin. Dan akhirnya maksud Abu Bakar tersebut diizinkan Beliau.

Abu Bakar lalu berdiri dengan tenangnya ditengah kaum Quraisyi, lantas bersuara lantang berkhutbah , berseru kepada kaum musyrikin Quraisy supaya mereka mau mengikuti seruan ALLAH dan utusan – NYA,  (Nabi Muhammad S.A.W.)

Kala itu Nabi Muhammad tetap duduk bersama – sama dengan kaum muslimin. Setelah seruan Abu Bakar R.A. terdengar oleh sebagian dari kaum musrikin Quraisyi, lalu kemudian mereka (Qurais ) datang  bersama – sama mengerubuti Abu Bakar.

Mereka memukuli dengan hebatnya. Abu Bakar tidak mampu menangkis dan menahan pukulan – pukulan mereka, jatuhlah Abu Bakar tersebut.

Ketika beliau ( Abu Bakar ) mencoba hendak melarikan diri, dengan segera beliau ditangkap oleh salau satu kaum Quraisyi Utbah bin Rabi’ah, seorang pemuka dari pemuda kaum musrykin Qurasyi, lalu beliau dibanting sehingga jatuh lagi, lalu diinjak – injak dengan sepatu yang terbuat dari kulit ( terompah ) sehingga hidung beliau mengalami luka parah.

Tiba – tiba pada saat itu datanglah sekelompok orang dari keturunan keluarga TAIMI yang masih musyrik. Yang sengaja hendak menolong beliau.

Dengan segera mereka mencegah kaum musyrikin Quraisy memukuli beliau. Maka terlepaslah beliau dari penganiyaan kaum musyrikin Quraisy yang sangat kejam itu.

Kemudian beliau diantarkan pulang oleh keluarga Taimi ke rumah Abu Qufahah ayah beliau. Setelah mereka kembali ke tempat pengroyokan tadi untuk menemui kaum musyrikin Quraysi yang telah memukeli Abu Bakar, dan diantaranya ada yang mengatakan : ” Demi ALLAH! Jika sekiranya Abu Bakar mati terbunuh oleh kalian, maka kami harus juga membunuh Utbah sebagai balasan kami kepadamu”.

Kemudian mereka ( Keluarga TAIMI) kembali lagi kerumah Abu Quhafah, hendak menengok keadaan Abu Bakar, apakah masih hidup atau tidak. Dirumah Abu Bakar, mereka menemuai kedua orang tuanya yang sangat berduka cita, karena melihat Abu Bakar mengalami luka parah.

Dengan Takdir ALLAH, tidak berapa lama kemudian sembuhlah beliau dari luka – lukanya dan sehat kembali sperti sediakala.

Selama beliau dalam keadaan sakit, yang selalu ditanyakan, tidak lain adalah keadaan diri Nabi Muhammad S.A.W.

Setelah Abu Bakar merasa sehat, dengan segera beliau bersama dengan ibunya pergi kerumah pribadi Nabi Muhammad S.A.W..

Karena beliau merasa kawatir kalau diri Nabi S.A.W. juga dianiaya oleh kaum musyrikin Quraisy seperti dirinya.

Demikianlah bukti cinta kasih beliau terhadap diri Nabi S.A.W. Ketika beliau dan ibunya tiba di rumah Nabi S.A.W, maka dipeluklah beliau oleh Nabi S.A.W. Dan pada saat itu, ibu Abu Bakar menyatakan beriman dan juga mengikut seruan Nabi Besar Muhammad S.A.W. Secara ikhlas.