Usai Wabah Hepatitis A Tertangani, Relawan Deklarasikan Pacitan Aman Dikunjungi

oleh -402 views
Relawan lintas lembaga mendeklarasikan “Hepatitis Ditangani, Pacitan menuju zero Hepatitis” yang dilaksanakan pada Sabtu (10/8/2019) di aula Hotel Kampung Pacitan Jalan WR Supratman Kelurahan Sidoharjo Pacitan.

Pacitanku.com, PACITAN — Relawan lintas lembaga mendeklarasikan “Hepatitis Ditangani, Pacitan menuju zero Hepatitis” yang dilaksanakan pada Sabtu (10/8/2019) di aula Hotel Kampung Pacitan Jalan WR Supratman Kelurahan Sidoharjo Pacitan.

Ketua panitia penyelenggara dari Komunitas Mahasiswa Pacitan di Surakarta (Kompas) Danur Suprapto dalam sambutannya mengatakan
pertemuan ini diharapakan disampaikan ke masyarakat Pacitan aman dikunjungi setelah wabah Hepatitis A mwlanda dalam kurun waktu beberapa bulan terakhir.

“Harapan kami disampaikan ke organisasi masing-masing yang ada diluar Pacitan maupun ke masyarakat luas bahwa Pacitan sudah aman untuk dikunjungi,”katanya.

Menurut Danur, saat ini sebagian masyarakat luar masih takut untuk berkunjung ke Pacitan karena khawatir dengan maraknya virus Hepatitis A yang melanda di Pacitan.

“Untuk itu kami minta teman-teman bisa menyampaikan kepada masyarakat luas bahwa Pacitan aman dikunjungi,”ujar pria yang juga Ketua Forum Pewarta Pacitan (FPPA) ini.

Senada dengan Danur, perwakilan dari media massa dan elektronik Yuniardi Sutondo meminta perwakilan media yang hadir disini maupun organisasi yang ada di Pacitan untuk menyosialisasikan kepada masyarakat luar Pacitan bahwa Pacitan aman untuk dikunjungi.

“Kami berusaha membangun trans informasi kepada masyarakat Pacitan dengan apa adanya dan tidak mengada-ada sesuai dengan kode etik wartawan,”jelasnya.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Yuyun ini mengatakan media adalah sebuah elemen yang bisa menyediakan informasi kepada publik untuk mengetahui apapun yang terjadi dilingkungan maupun di wilayah lain.

“Kami tentunya menyediakan pemberitaan yang mungkin dibilang provokatif yang tujuannya agar yang membaca suatu berita tergerak untuk melaksanakan perubahan dengan melibatkan unsur-unsur yang ada didalamnya,”papar dia.

Menurut Yuyun, virus Hepatitis A tidak menular melalui udara, Hepatitis menular melalui makanan dan kontak langsung dengan penderita.

“Kami sering bergabung dengan para relawan untuk membagi-bagikan masker, mungkin ini yang menjadi anggapan di masyarakat luas bahwa virus Hepatitis A bisa menular melalui udara,”jelasnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan Didik Alih Wibowo, Ketua Ikatan Dokter Indonesia Pacitan Agus Subiyanto (Ketua IDI Pacitan), Kepala Puskesma Gondosari dr Johan,
Kabid Pencegahan dan Pengendalian penyakit Dinkes Pacitan Wawan Kasiyanto, relawan, pewarta dan berbagai komunitas di Pacitan. (Dnr/RAPP002)