Indartato: Stok Hewan Kurban di Pacitan Cukup

oleh -13856 views
CUKUP. Indartato ketika mendatangi pasar Pon di Desa Semanten bersama Kepala Dinas (Distan) Pertanian Pamuji, Selasa (6/8/2019). (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Indartato menyebut stok hewan kurban di Kabupaten Pacitan dinyatakan mencukupi, baik untuk kambing maupun sapi.

“Jumlahnya mencukupi,” kata Bupati Indartato ketika mendatangi pasar Pon di Desa Semanten bersama Kepala Dinas (Distan) Pertanian Pamuji, Selasa (6/8/2019) seperti dalam siaran pers Humas Pemkab Pacitan.

Lebih lanjut, Indartato menjelaskan, pihaknya melalui Distan memastikan kesehatan hewan kurban telah memenuhi syarat. Sebab setiap hari ada petugas yang melakukan pemantauan. “Kesehatan hewan tidak ada masalah. Artinya sehat-sehat semua, sekaligus kalau diperdagangan ke luar kota kan ada surat keterangan juga dari dinas,” jelas dia.

Berdasarkan data OPD terkait mencatat ada lebih dari 50 ribu ekor populasi kambing di Kabupaten Pacitan, sedangkan sapi sebanyak 20 ribu ekor. Menjelang Idul Adha 1440 H setidaknya ada 600 ekor sapi terjual keluar kota. Sedangkan kambing dua kali lipatnya, dan diperkirakan jumlah tersebut masih akan dapat bertambah.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian Pamuji menuturkan selama ini pihaknya terus berupaya menekan penyebaran penyakit pada hewan ternak. Salah satunya anthrax yang dapat menular ke manusia. “Penyakit ini harus kita awasi, kita kendalikan. Terutama yang bisa berakibat pada manusia,” tuturnya.

Tidak hanya ketika pasaran, petugas Distan juga akan memastikan kesehatan hewan setelah disembelih. Sehingga ketika dikonsumsi daging dalam kondisi sehat dan layak. (Humas/RAPP002)