Parpol Diharapkan Siapkan Kader Terbaik Hadapi Pilbup Pacitan 2020

oleh -554 views

Pacitanku.com, PACITAN – Partai Politik (Parpol) di Pacitan diharapkan menyiapkan kader terbaiknya untuk menghadapi kontetasi Pemilihan Calon Bupati dan Wakil Bupati pada Rabu (23/7/2020) mendatang.

Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Zaenal Abror saat dikonfirmasi Pacitanku.com, Sabtu (3/8/2019) mengatakan perhelatan Pilbup Pacitan diharapkan betul-betul berkualitas. “Sehingga nilai keadaban lahir kembali dalam tahapan pemilu, menciptakan sebuah kondisi yang kondusip untuk menghasilkan pilkada yang tidak konflik dengan penegak hukum, pihak KPU dan Bawasluharus netral,”ungkapnya.

Lebih lanjut, Abror menegaskan, demokrasi itu esensinya adalah membangun keberadaban dengan menjunjung tinggi dan menginsitusionalisasikan dengan lembaga pemilu agar sejalan dengan nilai – nilai proses demokrasi diKabupaten Pacitan yang berkarakter.

“Parpol harus betul – betul menyiapkan kader yang terbaik, jangan sampai partai maupun kandidat diseret ke arena transaksional, hal ini menjadikan PR parpol untuk mengkaderisasi kadernya yang akan dicalonkan sebagai kandidat dengan baik. Ciptakan pra kondisi dalam pilkada 2020,” kata dia.

Sementara, anggota DPRD Kabupaten Pacitan terpilih periode 2019-2024 Sediono mengatakan Pilbup Pacitan membutuhkan konsolidasi demokrasi, sehingga Pacitan bisa menjadi lebih baik meskipun selama dua pereide dipimpin oleh Bupati Indartarto sudah cukup sukses.

“Pilkada yang akan digelar tahun 2020 nanti, harus bisa lebih baik lagi dengan konsolidasi demokrasi. KPU, BAWASLU, dan PARPOL dipemilu nanti harus sudah mempersiapkan diri ikut serta aktif sejak dini untuk mensukseskan pimilukada nanti,”katanya.

Tahapan Pilbup Pacitan sendiri akan dimulai pada akhir Bulan September 2019 mendatang. Sedangkan pemungutan suara direncanakan pada Rabu (23/9/2020) mendatang.

Hingga saat ini, sejumlah nama mencuat seiring semakin dekatnya proses tahapan Pilbup Pacitan 2020. Sejumlah nama yang sudah muncul diantaranya Yudi Sumbogo (Wakil Bupati Pacitan), Sartono (Anggota DPR RI), Ronny Wahyono (Ketua DPRD Pacitan), Andung Damar Sasongko (Pengusaha, Aziz Ahmadi (Pensiunan TNI), Damhudi (Eks. Ketua KPU).

Kemudian juga Effendi Budi Wirawan (Politisi Golkar), Afghani Wardhana (Kadisparpora Kota Surabaya), Gagarin (Wakil Ketua DPRD), Hadi Suwarno (Pengusaha), KH Mahmud (Ketua PC NU), M Nurul Huda (Kepala Kemenag), Sugiri Sancoko (politisi Partai Demokrat), Subroto (Eks. ASN Kemenhub).

Nama berikutnya yang muncul menjadi kandidat bakal calon Bupati diantaranya Sudijono Sastroatmodjo (Eks. Rektor Unnes), Sugeng Nugroho (Pengacara), Sugi Bibit Harjanto (Ketua KONI), Sugianto (Politisi PDIP), Sugiharto (Pengusaha) dan Suko Wiyono (Sekretaris Daerah Pacitan).

Pewarta: Agus Hermawan
Penyunting: Dwi Purnawan