Pancer Dorr Summer Festival Diharapkan Kembangkan Ekraf di Pacitan

oleh -131.230 views
SEMARAK. Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo saat membuka acra Pancer Door Summer Festival, Kamis (1/8/2019). (Foto: Agus Hermawan/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo berharap agenda Pancer Door Summer Festival yang digelar di Pacitan menjadi sarana positif untuk mengembangkan ekonomi kreatif (ekraf) di Pacitan.

“Saya dengan perasaan bahagia dan penuh semangat berharap kegiatan ini mampu mengembangkan ekonomi kreatif dan social budaya Pacitan lebih baik lagi, “katanya saat memberikan sambutan dalam pembukaan Pancer Door Summer Festival pada Kamis (1/8/2019) di Pacitan.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Mbogo ini mengatakan berbagai bentuk kegiatan pengembangan ekonomi kreatif ini menjadi titik tolak untuk mengembangkan Pacitan. “Tidak hanya dilihat dari kacamata makro ekonomi dan bisnis saja, namun perlu juga dilihat dari kacamata sosiologi, kebudayaan etnografi, seni kreatif dan artistik, teknologi informasi dan internet, planologi, bahkan kajian dari sudut study pembangunan secara komprehensif,”jelas dia.

Sehingga, dirinya berharap Pancer Door Summer Fesival ini bisa membawa manfaat bagi masyarakat Kabupaten Pacitan. “Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Pacitan, saya meresmikan pameran acara tersebut,”tandasnya.

Dia juga mengajak masyarakat dan wisatawan untuk memanfaatkan event tersebut dengan sebaik – baiknya.

“Peserta pameran dan panitia diharapkan mampu menunjukan produk yang berkualitas, sembari berpesan agar peranan juru pameran diharapkan cerdas membaca selera pengunjung  serta mampu mempromosikan produk yang dimilikinya,”ujar dia.

Sementara, Ketua panitia Pancer Door Summer Festival Nur Ichwan mengatakan tujuan dari pelaksanaan acara tersebut, sebuah event yang berangkat dari kebersamaan para penggiat ekonomi kreatif dengan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pacitan.

“Bertujuan untuk menyatukan komitmen bersama dalam menciptakan karya dan ekonomi kreatif,  menunjang minat kunjungan wisata, dan meningkatkan keseteraan masyarakat Pacitan,”ujar dia.

Sejumlah kegiatan akan digelar sejak Kamis (1/8/2019) hingga Minggu (4/8/2019) mendatang diantaranya stand kreatif hingga ethnic colaboraton music competition atau festival musik etnik.

Pewarta: Agus Hermawan
Penyunting: Dwi Purnawan