Tiga Wartawan Terpilih Jadi Komisioner KPU Pacitan

oleh -193 views
Petugas saat memeriksa Kotak suara Pilgub Jatim 2018 di KPU Pacitan. (Foto: Dokumentasi KPU Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Sedikitnya tiga wartawan di Kabupaten Pacitan terpilih menjadi komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan periode 2019-2024.

Adapun lima komisioner KPU Pacitan yang akan dilantik yakni Sulis Styorini, Agus Susanto, Aswika Budhi Arfandy, Eko Setiawan dan Iwit Widhi Santoso.

Dari lima komisioner tersebut satu di antaranya komisioner petahana yakni Sulis Styorini. Sedangkan tiga lainnya dari unsur wartawan yakni Aswika Budhi Arfandy, Eko Setiawan dan Iwit Widhi Santoso.

Aswika dan Iwit merupakan mantan wartawan Jawa Pos Radar Madiun. Selain sempat di Jawa Pos Radar Madiun, Iwit juga pernah menjadi salah satu redaktur Majalah Liberty. Sementara Eko Setiawan adalah penyiar Radio Suara Pacitan dan blogger aktif yang tergabung di Komunitas Blogger Pacitan.

Komisioner KPU Pacitan terpilih Eko Setiawan menyampaikan terimakasih atas dukungan dalam tugasnya sebagai anggota KPU.

“Terimakasih, sekaligus mohon support dan do’anya, agar dalam mengemban amanah ini bisa berjalan dengan baik dan lancar, “katanya saat dihubungi Pacitanku.com lewat aplikasi WhatsApp Massanger.

Senada dengan Eko, Komisioner KPU Pacitan terpilih Aswika juga menyampaikan terimakasih. Dia juga mengatakan dirinya siap memberikan warna terbaik untuk demokrasi di Pacitan.

“Yang jelas memberikan warna yang terbaik untuk sejarah demokrasi di Pacitan, saya sebagai orang baru, mohon dukungannya,”kata pria yang akrab disapa Wika ini.

Sementara, Iwit Widhi saat dihubungi Pacitanku.com mengatakan dirinya akan bekerja sesuai aturan dan undang-undang yang berlaku, salah satunya independensi, integritas KPU sebagai lembaga penyelenggara Pemilu harus tetap dan terus dikedepankan.

Disisi lain, Iwit berharap dirinya saat dilantik menjadi komisioner KPU Pacitan bisa membawa KPU menyukseskan berbagai agenda pesta demokrasi di Pacitan, salah satunya dengan meningkatkan partisipasi pemilih sebagai indikator kesuksesan KPU.

Iwit juga mengatakan dirinya akan dilantik KPU Jatim di JW Marriott Surabaya pada Kamis (13/6/2019).

Terpisah, Ketua Forum Pewarta Pacitan (FPPA) Danur Suprapto mengapresiasi keterlibatan wartawan menjadi komisioner KPU Pacitan.

“Ketua FFPA mengucapkan selamat dan berharap kedepannya bisa mengemban tugas dengan baik, sejatinya ini perjuangan baru dimulai untuk  melaksanakan tugas yang sebenarnya,”kata Danur.

Untuk diketahui, calon komisioner kabupaten/kota di Jatim terpilih akan dilantik di JW Marriott pada Kamis (13/6). Berdasarkan Keputusan KPU RI Nomor 1052/PP.06-Kept/05/KPU/VI/2019 tangal 11 Juni 2019 Tentang Penetapan Calon Anggota KPU Kabupaten/kota Provinsi Jatim Periode 2019-2024, maka terpilih 10 komisioner. Untuk komisioner terpilih nomor urut 1-5 akan dilantik dan 6-10 sebagai cadangan.

Pewarta: Dwi Purnawan