BPBD Pacitan Raih Juara III Video Kebencanaan dengan Tema “Peran Perempuan Sebagai Guru Bencana”

oleh -706 views
Bupati Pacitan menerima penghargaan lomba video kebencanaan dari Gubernur Jatim, Selasa (30/4/2019). (Foto: Pemkab/BPBD Pacitan)

Pacitanku.com, KOTA MALANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan meraih prestasi juara III dalam lomba video kebencanaan. Mengusung tema “peran perempuan sebagai guru bencana” video yang diunggah dalam durasi 5 menit di Youtube tersebut membuat BPBD setempat dinobatkan sebagai juara III video kebencanaan.

Piagam penghargaan diterima langsung oleh Bupati Pacitan Indartato saat apel gelar kesiapsiagaan penanggulangan bencana Jawa Timur yang digelar di Lapangan Brawijaya Rampal, Kota Malang, Selasa (30/4/2019).

Seperti dikutip Pacitanku.com dari Instagram Pemkab Pacitan pada Rabu (1/5/2019), piagam tersebut diberikan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kepada Bupati Pacitan Indartato.

Video berdurasi 5 menit tersebut mengisahkan peran perempuan dalam kehidupan keluarga dan lingkungan. Perempuan, dapat menjadi motor penggerak suksesnya Pengurangan Risiko Bencana (PRB) dalam keluarga maupun lingkungan.

Video ini diperankan oleh ibu Riwayatin yang merupakan potret peran perempuan sebagai guru bencana dan lingkungan dalam keluarga. Pengalaman hidup di daerah rawan bencana menjadikan ibu Riwayatin belajar banyak hal tentang apa yg harus dilakukan ketika terjadi bencana dan berusaha merawat lingkungan sekitar untuk mengurangi risiko bencana.

Riwiyatin yang menyampaikan peran ibu dalam kebencanaan dalm video BPBD Pacitan. (Foto: Screenshoot Youtube)

Kulo meling nyang anak putu oj sok ngrusak lingkungan, nek ngrusak lingkungan ndak dadi bencana alam (Saya berpesan kepada anak cucu jangan merusak lingkungan, kalau merusak lingkungan bisa menjadi bencana alam-red),”demikian pesan Riwiyatin dalam video tersebut.

Dalam kesempatan apel tersebut, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Letjen TNI Doni Monardo mengatakan, apel tersebut sengaja digelar oleh dirinya mengingat tingginya eksistensi bencana alam di Indonesia saat ini.

“Tahun 2018, terjadi 2.572 kali bencana alam, dan korban meninggal sebanyak 4.814 orang, serta puluhan ribu luka-luka akibat bencana alam,” ungkap Doni.

Tidak hanya itu saja, mantan Pangdam III/Siliwangi itu mengungkapkan, pada bulan Januari hingga April 2019, bencana alam juga menelan korban sebanyak 438 jiwa.

 “Kita harus mengedepankan aksi nyata, yakni mempersiapkan sarana dan prasarana keselamatan bencana alam, serta menggelar pelatihan evakuasi. Latihan itu, merupakan kunci utama keberhasilan,” ujar Letjen TNI Doni melalui amanat Presiden RI, Joko Widodo yang dibacakannya.

Ini Video kebencanaan BPBD Pacitan yang meraih juara III