MDMC Pacitan Tingkatkan Kapasitas Relawan Bersiap Hadapi Bencana

oleh -387 views
Muhammadiyah Disaster Management Centre (MDMC) Pacitan menggelar workshop di Gedung Dakwah, Ahad (28/4/2019). (Foto: Bambang)

Pacitanku.com, PACITAN – Memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Tahun 2019, Muhammadiyah Disaster Management Centre (MDMC) Pacitan menggelar workshop di Gedung Dakwah Muhammadiyah Pacitan, Ahad (28/4/2019).

Ketua MDMC Pacitan Agus Hadi Prabowo mengatakan workshop kesiapsiagaan bencana ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan relawan dalam menghadapi bencana  khususnya di Pacitan.

”Tujuan kita meningkatkan kapasitas relawan dalam berbagai keahlian yang diperlukan dalam kebencanaan, kami harus senantiasa siaga dan terus mengasah kemampuan untuk menghadapi bencana,”kata dia.

Dia menuturkan, Pacitan memang wilayah rawan bencana. Selain banjir dan tanah longsor, bencana tsunami juga sewaktu-waktu bisa menimpa kota. Karena kondisi seperti ini, maka workshop ini dilaksanakan. Selain relawan, kegiatan ini juga melibatkan pengurus dari berbagai organisasi otonom maupun amal usaha.

”Bencana tidak bisa dihadapi sendirian, harus kita galang kekuatan bersama untuk menghadapi dan menangani bencana yang mungkin terjadi,” kata Dianita, dalam sambutannya yang mewakili kalaksanan BPBD Kab Pacitan.

Materi yang dibahas seperti Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD), Vertical Rescue, dan Dapur Umum (DU).

Narasumber berasal dari Tim Tagana Pacitan, Dr. Netty, S. Em. dan dari RSUD Pacitan.  Acara ini juga dihadiri pula oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pacitan, serta pengurus Majelis dan Lembaga.

Pewarta: Bambang Setyo Utomo