Dishub Jatim Buka Layanan Mudik Gratis Rute Surabaya-Pacitan, ini Cara Daftarnya

oleh -1.196 views

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Timur menyediakan program mudik dan balik gratis. Pendaftaran telah dibuka mulai Senin (22/4/2019) melalui website https://mudikgratis.dishub.jatimprov.go.id/.

Mengutip dari laman tersebut, bagi warga yang tidak akrab dengan pendaftaran online, bisa juga mendaftar secara manual dengan mendatangi kantor Dishub Jatim di Jalan A Yani, Surabaya.

Adapun syarat yang harus dipenuhi, baik oleh pendaftar online maupun offline, cukup  menunjukkan e-KTP atau foto kopi e-KTP. Verifikasi bagi pendaftar online akan dilakukan pada akhir April.

Dishub Jatim menyediakan sebanyak 560 unit bus untuk mengantarkan pemudik menuju kampung halaman.

Adapun rute mudik gratis yang disediakan Pemprov Jatim adalah Surabaya-Malang-Blitar, Surabaya-Jember, Surabaya-Bondowoso, Surabaya-Situbondo-Banyuwangi, Surabaya-Pacitan, Surabaya-Jember-Banyuwangi, Surabaya-Magetan, Surabaya-Ponorogo, Surabaya-Bojonegoro, Surabaya-Tuban, Surabaya-Pamekasan dan Surabaya-Sumenep.

Pendaftaran mudik gratis secara online itu akan digelar sampai 30 April 2019. Sementara verifikasi untuk mendapatkan tiket mudik dilangsungkan 29-30 April 2019.

Cukup membawa KTP bagi pemudik tunggal dan menyertakan KK bagi pendaftar mudik gratis lebih dari dua pendaftar. Adapun pelaksanaan atau pemberangkatan mudik gratis naik bus digelar dua hari.

Tanggal keberangkatannya itu pada H-4 dan H-3 Lebaran 2019. Lebaran tahun ini diprediksi jatuh pada 5-6 Juni 2019. Sesuai jadwal yang sudah diputuskan, tanggal keberangkatan Mudik Gratis Dishub Jatim akan dilangsungkan pada Sabtu (1/6/2019) dan Minggu (2/6/2019).