Partisipasi Pemilih Warga Pacitan di Pemilu Serentak Diharapkan Capai 77%

oleh
Gubernur Jatim Khofifah saat rapat koordinasi jelang Pemilu di Pacitan pada Selasa (16/4/2019). (Foto: SRW/RAPP002)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Indartato mengharapkan tingkat partisipasi pemilih dalam perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak pada Rabu (17/4/2019) besok mencapai 77 persen.

Hal itu disampaikan Indartato saat memberikan sambutan dalam Kunjungan Kerja Gubernur Jatim, Pangdam V Brawijaya dan Kapolda Jatim untuk melakukan pemantauan dan pengecekan peninjauan kesiapan Pilpres dan Pileg tahun 2019, Selasa (16/4/2019) di Pendopo Kabupaten Pacitan.

Dia mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten  siap memfasilitasi dan membantu sepenuhnya pelaksanaan Pemilu supaya berjalan sukses. “Semoga dalam pelaksanaan Pemilu yang akan dilaksanakan besok pagi bisa berjalan dengan adem ayem,”kata dia.

Dia berharap, tingkat partisipasi pemilih di Pacitan mencapai 77 persen. Dia juga meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pacitan bisa menjaga netralitas dalam pelaksanaan Pemilu.

Sementara, dalam paparannya, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengharapkan perhelatan Pemilu serentak pada Rabu (17/4/2019) adalah proses Demokrasi yang harus kita jaga Jurdilnya.

“Diharapkan kerjasama lintas sektoral untuk mensukseskan Pemilu serentak di Kabupaten Pacitan, pastikan disetiap TPS siap 4 bilik supaya pencoblosan bisa cepat, apabila ada pemilih pindah TPS harus diantisipasi dengan A5,”kata dia.

Secara khusus, dia meminta penyelenggara tidak melakukan pemadaman listrik dan siap genset, karena tidak menutup kemungkinan terjadi pemadaman karena penghitungan bisa sampai malam.

Selain menggelar rapat koordinasi di Pendopo Kabupaten, Gubernur Jatim juga meninjau salah satu TPS, yakni TPS 001 di gedung kantor Kelurahan Baleharjo, RT/RW 01/I lingkungan Kwarasan, Kelurahan Baleharjo, Kecamatan Pacitan.

Dalam peninjauan di TPS itu, Gubernur melakukan pengecekan kesiapan TPS, seperti bilik suara, meja tinta, kotak suara, KPPS hingga pengawas TPS.

Dalam kunjungan tersebut, Gubernur didampingi Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI R. Wisnoe Presetja Budi, Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan, Ketua KPU Provinsi Jatim  Khoirul Anam, Ketua Bawaslu Jatim Muhammad Amin, Kajati Jatim  Sunarta.

Kemudian hadir juga dalam koordinasi tersebut Ketua KPU Pacitan Damhudi bersama para komisioner KPU Pacitan, Ketua Bawaslu Pacitan Berty Stefanus HRW bersama jajarannya, Dandepom  V / 1 Madiun Letkol CPm Hermanto dan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Pacitan. (SRW/RAPP002)