Pacitan Siap Sukseskan Pemilu 2019

oleh -1.213 views
Ketua KPU Pacitan saat mendampingi Gubernur Jatim meninjau TPS di Pacitan, Selasa (16/4/2019). (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pacitan Damhudi menyampaikan jajarannya siap menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak yang akan digelar pada Rabu (17/4/2019) besok.

Hal itu disampaikan Damhudi saat menyampaikan paparan dihadapan Gubernur Jawa Timur terkait kesiapan KPU dalam penyelenggaraan Pemilu 2019.

“Kesiapan KPU Kabupaten Pacitan dalam pelaksanaan Pemilu 2019 sudah siap dan logistik sudah didistribusikan dari KPU ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) serta ke tingkat PPS dan hari ini  (Selasa-red) akan dikirim ke masing masing TPS,”kata dia, Selasa (16/4/2019) di Pendopo Kabupaten Pacitan.

Untuk diketahui, pada Pemilu serentak ini KPU Pacitan menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 471.061 orang yang terdiri dari 233.201 pemilih laki-laki dan 237.260 pemilih perempuan. Adapun Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Pacitan sebanyak 1.973 TPS yang tersebar di 12 kecamatan di Pacitan.

Lebih lanjut, Damhudi mengungkapkan persiapan yang sudah dilaksanakan adalah melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) dan simulasi  yang sudah dilakukan kepada jajaran Penyelenggara Pemilu.

Untuk urusan TPS, Damhudi mengatakan pengumuman waktu dan TPS sudah dilaksanakan H-5 atau pada Jumat (12/4/2019) lalu.

Selain itu, Damhudi juga mengatakan KPU akan monitoring pemungutan dan penghitungan di seluruh TPS, dan untuk logistik sampai dengan Selasa 916/4/2019) sudah clear dan untuk pendistribusian masih dalam pelaksanaan. “KPU Pacitan siap mensukseskan Pemilu 2019,”kata dia.

Dalam kesempatan rapat koordinasi itu, Ketua KPU Jatim Khoirul Anam menyebut jajarannya, KPU Jatim 99 % sudah siap menyelenggarakan Pemilu 2019.

Secara khusus, dia menggarisbawahi mekanisme proses pencoblosan, dimana sejak dibuka pukul 07.00 WIB, TPS dibatasi sampai pukul 13.00 WIB.

“Apabila masih ada antrian dan berada di TPS mereka tetep dilayani untuk menentukan hak suara, sementara DPK digunakan untuk pemilih yang tercecer yang tidak masuk dalam DPT dan bisa memilih diatas pukul 12.00 sampai dengan pukul 13.00 WIB,”ujar dia.

Anam juga mengatakan hingga Selasa (16/4/2019), semua logistik untuk kebutuhan Pemilu 2019 di wilayah Jatim sudah tercukupi.

“Ada 161 tambahan TPS yang tersebar diseluruh Jatim, termasuk 2 TPS di Pacitan, semua logistik terpenuhi, harapanya pelaksanaan Pemilu Tahun 2019 di Jatim berlangsung dengan damai,”imbuhnya.

Selain menggelar rapat koordinasi di Pendopo Kabupaten, Gubernur Jatim juga meninjau salah satu TPS, yakni TPS 001 di gedung kantor Kelurahan Baleharjo, RT/RW 01/I lingkungan Kwarasan, Kelurahan Baleharjo, Kecamatan Pacitan.

Dalam peninjauan di TPS itu, Gubernur melakukan pengecekan kesiapan TPS, seperti bilik suara, meja tinta, kotak suara, KPPS hingga pengawas TPS.

Dalam kunjungan tersebut, Gubernur didampingi Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI R Wisnoe Presetja Budi, Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan, Ketua KPU Provinsi Jatim  Khoirul Anam, Ketua Bawaslu Jatim Muhammad Amin, Kajati Jatim Sunarta.

Kemudian hadir juga dalam koordinasi tersebut Bupati Pacitan Indartato, para komisioner KPU Pacitan, Ketua Bawaslu Pacitan Berty Stefanus HRW bersama jajarannya, Dandepom  V / 1 Madiun Letkol CPm Hermanto dan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Pacitan. (SRW/RAPP002)