Indartato Ajak Masyarakat Perangi “Racun Demokrasi” di Pemilu 2019

oleh -349 views

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memerangi “racun demokrasi” berupa politik uang, SARA dan penyebaran ujaran kebencian serta hoaks dalam momentum Pemilihan Umum serentak pada 17 April 2019 mendatang.

Hal itu disampaikan Indartato saat membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri saat upacara memperingati HUT ke 100 Pemadam Kebakaran, HUT me-69 Satuan Polisi Pamong Praja, HUT ke-45 Persatua Perawat Nasional Indonesia dan Hari Air sedunia pada Senin (18/3/2019) di lapangan Pendopo Kabupaten Pacitan, Jalan Jaksa Agung Suprapto nomor 8 Pacitan.

“Mari bersama-sama kita jaga kualitas penyelenggaraan pemilu ini agar berjalan sesuai dengan kaidah-kaidah demokrasi, Luber dan Jurdil serta bermartabat. Menjadi barisan terdepan dalam melawan “racun demokrasi”, yaitu politik uang, politisasi SARA, serta penyebaran ujaran kebencian, fitnah, dan hoaks,”katanya.

Lebih lanjut, Indartato mengharapkan agar semua pihak dan komponen bangsa ini mematuhi aturan dan berpolitik secara elegan.

“Sehingga proses demokrasi ini nantinya akan melahirkan pemimpin bangsa yang berkiblat kepada kepentingan masyarakat, serta bangsa dan negara Indonesia,”ujar dia.

Selain itu, Indartato mengajak dalam momentum Peringatan HUT Pemadam Kebakaran Ke-100, HUT Sat Pol PP Ke-69, dan HUT Sat Linmas Ke-57 mengajak seluruh bangsa Indonesia untuk lebih meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa, menjunjung tinggi ideologi Pancasila, menjadi sarana pemersatu bangsa.

“Mengutamakan kepentingan bangsa dan negara serta mengutamakan kepentingan masyarakat diatas kepentingan pribadi dan golongan, dalam upaya mewujudkan ketenteraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat,”jelasnya.

Menurut Indartato, Pemadam Kebakaran, Sat Pol PP, dan Sat Linmas bukan hanya penjaga kota yang bertindak pasif, tetapi lebih dari itu, berperan aktif dalam proses pembangunan.

“Melindungi hasil pembangunan, dan memberikan perlindungan masyarakat, dengan tujuan akhir peningkatan kesejahteraan masyarakat. Termasuk terlibat aktif dalam menyukseskan agenda nasional bangsa Indonesia,”papar dia.

Disisi lain, Indartato mengatakan peran penting Pemadam Kebakaran, Sat Pol-PP, dan Sat Linmas tercermin dari tugas dan tanggungjawabnya.

“Aparatur Pemadam Kebakaran, Sat Pol PP dan Sat Linmas sebagai aparatur pemerintahan daerah yang memiliki kompetensi handal di bidangnya, telah dibekali dengan kecerdasan lapangan sesuai dengan kondisi geografis daerah, berperan penting dalam turut menjaga ketenteraman dan ketertiban umum dalam proses demokrasi ini.

Dalam proses demokrasi, para aparatur tersebut juga memiliki tugas mengawal proses demokrasi sampai ke tingkat masyarakat, dengan tetap siaga menjaga keamanan fasilitas pemerintahan, fasilitas umum, dan objek vital masyarakat lainnya.

Dalam upacara tersebut juga dibacakan juara lomba Defile, yakni Juara 1 Sekretariat Daerah, Juara II  Gabungan Bappeda dan Juara III Dinas Kesehatan.

Turut hdir dalam kegiatan tersebut  Letkol Kav Aristoteles Hengkeng Nusa Lawitang (Dandim 0801 Pacitan), Yudi Sumbogo Wakil Bupati Pacitan, Suko Wiyono Sekda Pacitan, Ronny Wahyono Ketua DPRD Pacitan.

Kemudian Kompol Sukoco (Kabag Ops Polres Pacitan) dan Widi Sumardji Kasatpol-PP Pacitan) serta sejumlah Kepala OPD.  (SRW/RAPP002)