Dinding Dapur Rumah Suyanto Ngumbul Jebol Diterjang Longsor

oleh
Aparat TNI membantu pembersihan material longsor di Tulakan. (Foto: SRW)

Pacitanku.com, TULAKAN – Dinding rumah milik Suyanto (51) warga RT/RW 03/I Dusun Krajan, Desa Ngumbul, Kecamatan Tulakan jebol akibat diterjang material tanah longsor pada Rabu (6/3/2019).

Danramil 0801/08 Tulakan Kapten Arm Agus Wahono dalam keterangannya mengatakan kronologi terjadinya tanah longsor di kawasan tersebut berawal pada Rabu pagi sekitar pukul 09.00 WIB.

“Tidak terjadi hujan namun tanah di belakang rumah tiba tiba bergerak sedikit demi sedikit longsor dan penghuni rumah langsung keluar di tempat yang aman,”kata dia.

Beberapa saat kemudian, kata Agus, tebing yang berada di atas rumah dengan tinggi 10 meter dan lebar 5 meter mengalami tanah longsor dan menimpa bagian dapur rumah Suyanto.

“Yang mengakibatkan dinding rumah dapur jebol, dalam rumah terdapat 4 orang dalam satu keluarga,”ujarnya.

Akibat kejadian itu, Agus menuturkaan dinding dapur jebol dengan kerugian sekitar Rp10 juta. Dia juga mengatakan Babinsa dan warga masyarakat setempat yang dipimpin oleh Kepala Desa dan Kepala Dusun melaksanakan kerja bakti membersihkan material longsor.

“Dari Pihak Kecamatan Tulakan memberikan bantuan untuk meringankan beban Keluarga yang mendapat bencana,”tandasnya.

Selain itu, Agus meminta masyarakat untuk mewaspadai intensitas hujan yang cukup tinggi yang menjadi penyebab banjir dan longsor.

“Dengan konstur tanah yang disebagian wilayah Pacitan ini cukup labil dan rawan akan longsor baik pada saat hujan turun ataupun setelah hujan, diharapkan masyarakat selalu waspada dan sesering mungkin melihat konstur tanah yang ditinggali khususnya yang tinggal didaerah pegunungan,”pungkas dia. (SRW/RAPP002)