Niat Kembali Jadi Jurnalis, Johan Budi Malah Ditawari Caleg Jatim VII

oleh -350 views
Johan Budi menyebut sebelum dirinya terjun ke dunia politik, dirinya juga sebagai wartawan disalah satu surat kabar nasional. (Foto: Elsi Budi/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Mantan Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang juga  Staf khusus Presiden bidang komunikasi Johan Budi SP menggelar Dialog dan Diskusi dengan tema “Peran Media Massa Dalam Pemilu 2019” bersama wartawan yang tergabung dalam Forum Ikatan Pewarta Pacitan (FPPA) di Salah satu Rumah makan jalan di Pacitan, Minggu (3/3/2019).

Dalam pemaparannya, Johan Budi menyebut sebelum dirinya terjun ke dunia politik, dirinya juga sebagai wartawan disalah satu surat kabar nasional.

Lebih lanjut, Johan Budi juga bercerita usai menjadi Jubir KPK, dirinya sempat mendaftarkan diri kembali sebagai pimpinan KPK.

Namun, upayanya kandas dan niatnya akan kembali ke dunia Jurnalistik, namun ia ditunjuk Jokowi menjadi juru bicara kepresidenan dan masih mengemban tugas hingga saat ini.

Johan Budi juga membenarkan bahwa dirinya maju sebagai calon anggota DPR periode 2019-2024 dari PDI Perjuangan dan dirinya sudah mempertimbangkan banyak hal sebelum memutuskan maju menjadi calon wakil rakyat.

Johan Budi terdaftar dari daerah pemilihan Jawa Timur VII meliputi Kabupaten Ngawi, Kabupaten Magetan, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Pacitan, dan Kabupaten Trenggalek.

“Keputusan ini saya ambil setelah melakukan berbagai evaluasi terhadap tugas dan pekerjaan saya saat ini dan sudah berdiskusi dengan keluarga. Saya memutuskan untuk beralih dalam ladang pengabdian yang berbeda, yaitu melalui jalur politik,” ungkapnya.

Dalam dialog dengan wartawan Pacitan, Johan Budi juga menyebut profesi wartawan adalah kerja dan tugas mulia. Dia juga berpesan agar para wartawan menyampaikan berita sesuai fakta dan berimbang.

“Asalkan pemberitaan itu fakta dan berimbang, apalagi pada moment pemilu saat ini sangat rawan dengan pemberitan media cetak,online serta media sosial (Medsos) Facebook,line maupun Instalgram harus hati-hati dalam menyampaikan pemberitaan agar tidak membuat panasnya suasana politik saat ini,”papar dia.

Johan Budi sendiri akhirnya  ditawari mencalonkan DPR RI dari Partai PDI-P pada Dapil VII. Ia juga merasa akan bisa berbuat lebih banyak untuk bangsa dan negara jika menjadi anggota DPR.

Pewarta: Elsi Budi Cahyono
Penyunting: Dwi Purnawan