Banjir di Desa Mangunharjo Putuskan Jaringan Air Minum Warga

oleh
Banjir dngan membawa material lumpur mengakibatkan talud rumah sepanjang 7 meter dan lebar 3 meter milik Slamet (65). (Foto: SRW/RAPP002)

Pacitanku.com, ARJOSARI – Sebanyak 56 pipa milik warga yang merupakan jaringan air minum warga di Dusun Tegal Desa Mangunharjo, Kecamatan Arjosari terputus akibat banjir dengan membawa material lumpur pada Kamis (21/2/2019).

Komandan Rayon Militer (Danramil) 0801/03 Arjosari Kapten Inf Gatot Sutriyanto mengatakan banjir tersebut berawal saat Kamis siang sekitar pukul 12.00 WIB, kawasan tersebut dilanda hujan dengan intensitas tinggi.

Akibatnya, banjir dengan membawa material lumpur mengakibatkan talud rumah sepanjang 7 meter dan lebar 3 meter milik Slamet (65) warga RT/RW 02/V Dusun Tegal, Desa Mangunharjo Kecamatan Arjosari tergerus.

Tak ada korban jiwa dalam bencana alam tersebut. Namun kerugian akibat bencana alam mencapai Rp30 juta.

“Selain itu, jembatan penghubung Dusun Tegal rusak total, juga berdampak terputusnya jaringan air minum warga, dimana 56 pipa milik warga hanyut dengan kerugian diperkirakan sekitar Rp 30 juta,”kata dia.

Saat ini, kata dia, Babinsa bersama aparar desa setempat mendatangi TKP untuk melaksanakan normalisasi sungai dengan alat manual dengan tujuan agar aliran air lancar.

Dia juga mengimbau kepada masyarakat agar selalu berhati-hati dan waspada menghadapi cuaca ekstrem yang terjadi di Pacitan.

Selain itu, Gatot juga berharap segera ada penanganan segera dari Pemerintah untuk kembali menormalisasi talud yang jebol, saluran pipa air minum dan jembatan yang rusak agar masyarakat bisa melakukan aktivitas. (SRW/RAPP002)