Mahasiswa PMII Ziarah Makam ke Tokoh Cikal Bakal Pacitan

oleh
Mahasiswa PMII Cabang Pacitan menggelar ziarah makam ke tokoh cikal bakal berdirinya Pacitan dan para pemimpin Pacitan di masa lalu pada Kamis (14/2/2019).

Pacitanku.com, PACITAN – Mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Pacitan menggelar ziarah makam ke tokoh cikal bakal berdirinya Pacitan dan para pemimpin Pacitan di masa lalu pada Kamis (14/2/2019).

Sejumlah makam yang dikunjungi mahasiswa PMII diantaranya Kanjeng Jimat, Ki Ageng Petung, Noto Puro, Syeh Yahudo.

Kemudian juga makam para tokoh babat alas seeprti Abdul Manan, Mbah Setro Ketipo, Mbah Min, Mbah Manan, Mbah Habib dan Mbah Barokah.

Ketua PC PMII Pacitan Rojihan dalam keterangannya kepada Pacitanku.com, Jumat (15/2/019) mengatakan pihaknya ziarah ke tokoh-tokoh ini merupakan upaya untuk mengingat dan mendoakan yang telah memperjuangkan dan juga menjadikan Pacitan bisa dirasakan semuanya.

Rojihan juga menyampaikan agar warga masyarakat Kabupaten Pacitan, khususnya pemuda tak melupakan perjuangan dan upaya pendahulu salah satunya dengan cara sering berziarah.

“Saya berharap kepada warga masyarakat Kabupaten Pacitan dalam momen ulang tahun pacitan ini sering melakukan ziarah ke makam atau bahkan mencari buku sejarah kabupaten Pacitan,”kata dia.

Lebih lanjut, Rojihan mengatakan literasi pendidikan sejarah Pacitan ini bisadilakukan dengan bedah buku, dan bahkan bisa diajarkan sejak Pendidikan Dasar bangku SD/Madrasah. “Sehingga benar-benar menyatu saya yakin banyak yang belum mengetahui (sejarah Pacitan),”pungkasnya. (RAPP002)