Begini Langkah Pemkab Atasi Harga Hasil Pertanian yang tak Menentu Saat Panen

oleh
Indartato saat menggelar tilik warga di sejumlah desa di Kecamatan Bandar pada Senin (11/2/2019). (Foto: Diskominfo Pacitan)

Pacitanku.com, BANDAR – Bupati Pacitan Indartato akan menerapkan sejumlah kebijakan dan langkah untuk mengatasi harga hasil pertanian yanag diperoleh petani yang tidak menentu saat panen. Hal itu diungkapkan Indartato saat menggelar tilik warga di sejumlah desa di Kecamatan Bandar pada Senin (11/2/2019).

Selama ini, kata Indartato, masalah utama para petani bukan karena sulitnya air di musim kemarau, tetapi harga yang tidak menentu ketika panen.

Atas kondisi itu, dia mengatakan hal tersebut merupakan tugas pemerintah dan akan segara ditanggapi dengan kembali di maksimalkannya koperasi.

Sehingga, untuk mendukung perencanaan itu, akses jalan seluruh penghubung antar kecamatan di kawasan tersebut akan diprioritaskan. “Namun tetap bertahap, sesuai dengan anggaran yang kita miliki,” kata dia, seperti dikutip dari laman Pemkab Pacitan pada Selasa (12/2/2019).

Lebih lanjut, Indartato mengatakan kualitas tanah yang subur serta didukung ketinggian tanah, pemerintah akan memaksimalkan peran Kelompok Tani di Desa Bangunsari dan sekitar di Kecamatan Bandar.

“Potensi pertanian sebagaimana kita ketahui bersama begitu besar, ditandai hasil seperti cabai yang kita ketahui bersama sepeti apa kualitasnya,”tandasnya.

Dalam kunjungan warga itu, Indartato juga memberikan bantuan sembako, Alat Peraga Edukatif (APE) kepada siswa siswi Taman Kanak-kanak, Perangkat Komputer, bantuan bencana dan bantuan semen untuk Pemerintah Desa setempat.

Indartato yang didampingi Ketua TP PKK Pacitan Luki Tribaskorowati Indartato, Sekda Suko Wiyono, Muspida juga mengunjungi Shelia Ayu Ditianingsih dan Muhammad Zein Jauhar yang mengalami keterlambatan motorik di Dusun Pendem, Desa Bangunsari, Kecamatan Bandar. (Diskominfo/RAPP002)