Pangkalan Laut TNI AL Tipe D Segera Dibangun di Pacitan

oleh -131.559 views
TNI AL memaparkan desain pembangunan pos Pangkalan TNI AL di Pacitan. (Foto: Istimewa/Hesti Suteki)

Pacitanku.com, PACITAN – Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) tengah serius melakukan  pembangunan Pangkalan TNI AL (Lanal) di Desa Kembang, Kecamatan/Kabupaten Pacitan.

Setelah kunjungan pada Rabu (9/1/2019) lalu, kali ini Perwira Pembantu Utama (Paban) V Fasilitas Pangkalan (Faslan) Staf Logistik TNI Angkatan Laut (Slogal) Mabes AL Kolonel Laut (T) Taufik Arief melakukan kunjungan kerja untuk melakukan survei pembangunan Lanal tipe D pada Kamis (24/1/2019) di Desa Kembang Kecamatan/Kabupaten Pacitan.

Paban V Faslan Slogal Mabes AL Kolonel Laut (T) Taufik Arief dalam sambutannya mengatakan dirinya menyampaikan terima kasih banyak atas kerjasama selama ini dari Pemda Pacitan atas bantuannya selama ini kepada TNI AL.

“Kami akan akan menampilkan secara desain Pos Angkatan laut dan akan kami sampaikan ke Pimpinan kami untuk segera dibangun Pos Lanal Tipe D,”kata dia.

Baca juga: TNI-AL Kaji Pembangunan Pangkalan Laut di Desa Kembang Pacitan

Selain itu, dia juga meminta kepala desa setempat mendata siapa saja yang punya lahan yang terkena pembangunan Lanal supaya nanti ada pergantian atau ganti rugi. “Kami minta semua pihak membantu kami agar pembangunan Pos Lanal bisa cepat dilaksanakan,”katanya lagi.

Sejumlah perwira dan pimpinan Pemda mendengarkan paparan Pangkalan TNI AL di Desa Kembang Pacitan. (Foto: SRW/Pacitanku)

Sementara, Kadisfaslan Lantamal V Letkol Laut (T) Luluk Eko H dalam paparannya mengatakan lahan-lahan untuk pembangunan Lanal tipe D dikordinasikan dengan pemerintah daerah dan sudah bersertifikat, dan pemerintah daerah diminta bantuan selama proses tersebut.

Adapun landcape rencana Lanal tipe D di Desa Kembang tersebut adalah tanah sertifikat hak milik AL  dengan Luas 4.832 meter persegi (m2), tanah negara murni dengan luas 8.042 m2 dan 6.358 m2, tanah negara penguasaan desa dengan luas 6.748 m2 dan 24.590 m2, tanah sertifikat hak pakai Desa Kembang dengan luas 12.590 m2, 7.186 m2, 6.564 m2 dan 4.625 m2 serta area tanah kas Desa Kembang dan sekitarnya dengan luas 44.505 m2.

Sementara, Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo dalam sambutannya mengatakan kemungkinan untuk di posisi lahan D karena masih dipergunakan untuk nelayan. Dia juga mengatakan pihak Pemkab mendukung penuh proses pembangunan tersebut.

“Jadi nanti bisa ditukar kalaupun nanti akan diminta dan dipergunakan kami akan menyerahkan kepada TNI AL,  mudah-mudahan pembangunan Lanal bisa terealisasi agar pembangunan di Kabupaten Pacitan lebih maju dan masyarakat Pacitan khususnya DesaKembang bisa lebih sejahtera kami mensuport dengan baik,”kata dia.

“Untuk Pak Lurah mulai dari sekarang mendata siapa saja yang punya tanah yang masuk dalam pembangunan Lanal agar kedepannya tidak terjadi permasalahan,”imbuhnya.

Turut mendampingi kunjungan tersebut Perwira Pembantu Madya (Pabandya) Fasilitas Pelabuhan (Faslabuh) Slogal Mabes AL Letkol Laut (KH) Didik Sukarno, Pabandya Penelitian dan Pengembangan Staf Perencanaan dan Anggaran TNI-Angkatan Laut (Srenal) Letkol Laut (P) Dedi Sugiyanto.

Kemudian Kepala Dinas Fasilitas Pangkalan (Kadisfaslan) Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V Letkol Laut (T) Luluk Eko H, Kasubsi legal Disfaslanal Mayor Laut (KH) Pahala Trispyanto Wibowo, Pabandya Fastanal Slogal Mayor Laut (KH) Setiyono, Anggota Ban V Faslan Slogal Serda Mess Ahmad Shamsuddin, Palaksa Lanal Malang Letkol Laut (KH) Muryanto dan Pasintel Lanal Malang Kapten Laut (P) Roni Somantri.

Hadir juga dalam kunjungan tersebut Dandim 0801/Pacitan Letkol Kav Aristoteles Hengkeng Nusa Lawitang, Asisten 1 Pemkab Pacitan Joni Maryono dan Kabid Lingkungan Hidup Ari Priyambodo. (SRW/RAPP002)