Longsor Putuskan Jalan Provinsi di Desa Temon Arjosari

oleh -847 views
Jalur temon sempat longsor sebelum bisa dipulihkan. (Foto: Amrudin Nejad/Istimewa)

Pacitanku.com, ARJOSARI – Bencana alam tanah longsor kembali terjadi  di Pacitan. Kali ini, tanah longsor terjadi di dua titik di jalur Provinsi Pacitan menuju ke Wonogiri melalui Kecamatan Arjosari pada Sabtu (15/12/2018) sore.

Danramil 0801/ 03 Arjosari Kapten Arh Handy Kurniawan mengatakan dua titik terdampak tanah longsor tersebut adalah di Dusun Drono, Desa Temon, Kecamatan Arjosari.

Longsor di kawasan tersebut terjadi dua titik, dimana diameter titik pertama longsor tebing berukuran tinggi 50 meter dan lebar sekitar 10 meter. Di lokasi yang sama, longsor berdiameter 30 meter dan lebar 10 meter juga terjadi.

“Akibatnya, jalan Provinsi yang menghubungkan Pacitan-Wonogiri via Arjosari menuju Kecamatan Bandar dan Nawangan lumpuh total tidak bisa dilewati tertutup material longsor dan pohon kelapa roboh melintang jalan,”kata dia.

Dia mengatakan longsor tersebut diduga terjadi karena tidak kuat menahan resapan air dan tanah labil tebing di dua titik tersebut mengalamilongsor.

Saat ini, kata dia, Babinsa bersama Forkompimcam mendatangai TKP dan terus melakukan koordinasi dengan intansi terkait. 

BPBD Pacitan sendiri dalam siaran persnya yang bersumber dari BMKG menyebut Pacitan masih akan terus terjadi hujan ringan hingga sedang. Selain peristiwa longsor di Desa Temon, Arjosari, BPBD mnyebut juga terjadi peningkatan debit sungai Grindulu yang hampir naik ke jalan raya.

Saat ini, empat personil TRC BPBD Pacitan juga telah melaksanakan assesmet Longsor di Desa Temon Kecamatan Arjosari. (SRW/RAPP002)