Pacitan Raih Anugerah Kabupaten dengan Tingkat Keselamatan Jalan Terbaik

oleh -740 views
Wakil Bupati Pacitan saat menerima penghargaan IRSA award dari Kemenhub. (Foto: Istimewa/Sutikno)

Pacitanku.com, PACITAN – Anugerah Keselamatan Jalan Indonesia atau Indonesia Road Safety (IRSA) Award 2018 yang digelar di Jakarta, Kamis (13/12/2018) menetapkan Kabupaten Pacitan sebagai kabupaten dengan tingkat keselamatan jalan terbaik. Pacitan berhasil meraih penghargaan IRSA dalam kategori kabupaten tingkat kepadatan penduduk tinggi.

Dalam penghargaan yang diterima Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo dan Menteri Perhubungan Budi Karya, Pacitan sukses mengalahkan empat nominasi lain untuk kategori kabupaten tingkat kepadatan penduduk tinggi, yakni Cianjur, Jepara, Kuningan dan Tangerang.

Kepala Dinas Perhubungan Pacitan Wasi Prayitno saat dihubungi Pacitanku.com pada Jumat (14/12/2018) mengaku bersyukur ataspenghargaan tersebut. “Alhamdulillah, sujud syukur, kerja keras kita dihargai dengan juara,”katanya.

Dia mengatakan Pacitan dianggap unggul dalam aspek jalan yang berkeselamatan (Safer Road) dan kendaraan yang berkeselamatan (Safer Vehicle) dibanding daerah lain di Jawa Timur.

Wasi menjelaskan ada tiga inovasi yang mengantarkan Pacitan raih penghargaan itu, yakni Zero Hole and Zero Crack, Gerakan Bersepeda ke Sekolah dan Bekerja (Garda Sumda) dan Anti Ciluba.

Zero Hole and Zero Crack adalah inovasi Pemkab Pacitan untuk menutupi lubang dan retakan jalan di Pacitan sehingga kecelakaan dapatdihindari. Kemudian inovasi Garda Sumda adalah membiasakan bersepeda ke sekolahdan bekerja. Sedangkan Anti Ciluba adalah inovasi mengurangi tanjakan danturunan ekstrem di Pacitan.

Selain Pacitan, daerah lain yang menerima penghargaan ini adalah Kota Bandung, Kota Samarinda, Kota Semarang, dan Kabupaten Bangka sebagai kabupaten-kota dengan tingkat keselamatan jalan terbaik.

Kelima kabupaten-kota tersebut menjadi yang terbaik berdasarkan hasil penjurian yang telah dilangsungkan di Surabaya pada Oktober lalu, menyisihkan 23 finalis lainnya.

Adapun dewan juri yang bertugas pada IRSA 2018 berasal dari pakar keselamatan jalan dan perwakilan kementerian lima pilar keselamatan jalan, yakniKementerian PPN/Bappenas, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan dan Korps Lalu Lintas RI.

Terdapat lima kategori utama yang dihadirkan dalam anugerah yang diinisiasioleh perusahaan asuransi Adira Insurance itu, yakni pemenang dari tiap-tiap kategori dinilai berdasarkan lima pilar Rancangan Umum Nasional Keselamatan Jalan (RUNK), yakni manajemen keselamatan jalan, jalan yang berkeselamatan,kendaraan yang berkeselamatan, perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan dan penanganan pra dan pasca kecelakaan.

Pada masing-masing kategori, selain pemenang utama, diumumkan juga pemenang untuk tiap-tiap pilar. Kabupaten Pacitan meraih IRSA 2018 untuk kategori kabupaten dengan tingkat kepadatan penduduk tinggi, mengungguli Cianjur yang meraih pilar pertama, dan Jepara yang menyabet pilar keeempat dan kelima. Pacitan juga berhasil memenangi pilar kedua dan ketiga.

Pewarta: Dwi Purnawan