Bakesbangpol Pacitan Gembleng 50 Pemuda Kader Bela Negara

oleh
Lokas Rohman Kasi Pidana Umum Kejaksaan Negeri Pacitan saat memebrikan materi bela negara (Foto: SRW/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Pacitan menggembleng 50 pemuda Pacitan pelatihan kader bela negara pada Rabu (5/12/2018) di  aula makodim 0801/Pacitan.

Kepala Bakesbangpol Suhariyanto dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa patriotisme dan bela negara pada generasi muda. “Kenapa generasi muda karena nanti para pemudalah yang akan melanjutkan perjuangan dan memimpin negara kita,”kata dia.

Sementara, Dandim 0801/Pacitan Letkol Kav Aristoteles Hengkeng Nusa Lawitang mengatakan saat ini negara-negara lain sudah mulai mengancam kedaulatan NKRI dan merongrong apa yang kita punya dengan berbagai cara.

“Salah satunya dengan merusak dan mengambil sumberdaya dan energi,  dengan menghancurkan Demokrasinya, negara maju menggunakan demokratisasi untuk memaksakan kepentingannya, dengan Ilmu pengetahuan dan teknologi melalui senjata pemusnah masal,”imbuh dia.

Selain itu, kata Aris, juga dengan kejahatan lintas negara, salah satunya dengan peredaran psikotropika terutama narkoba.”Dengan sasaran generasi muda, saat ini Indonesia sudah menjadi pasar peredaran Narkoba,”kata dia.

Sehingga, atas berbagai tantangan itu, dia mengharapkan generasi muda harus mempunyai jiwa nasionalis dan tetap berfikir dan berprinsip apapun yang terjadi dan sampai kapan pun Indonesia adalah Negara saya.

“Sebagai bangsa yg besar kita jangan mau di rongrong dan di adudomba oleh pihak2 yg ingin merongrong dan menghancurkan kedaulatan NKRI. Ingat 10 hingga 20 tahun kedepan kalian lah yang akan memimpin dan memberi warna pada  bangsa ini,”jelas dia.

Selain Dandim, dalam kesempatan itu juga diisi materi bela negara dari Lokas Rohman Kasi Pidana Umum Kejaksaan Negeri Pacitan dan Kasat Intelkam Polres Pacitan Iptu Sumarjan. Peserta juga diajari materi PBB oleh personil Kodim 0801/Pacitan. (SRW/RAPP002)