Kehabisan Oksigen, Hirakawa Ryuici Tewas di Perairan Watukarung

oleh -583 views
Keindahan Pantai Watukarung menginspirasi surfer membuat video. (FOto: MySUrfTV)
Keindahan Pantai Watukarung menginspirasi surfer membuat video. (FOto: MySUrfTV)

Pacitanku.com, PACITAN – Seorang turis asal Jepang, Hirakawa Ryuici tewas misterius di Pantai Watukarung, Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Jasad lelaki 74 tahun itu ditemukan mengapung.

Kepala Kepolisian Sektor Pringkuku Iptu Sunaryo menyebut pihaknya tengah menyelidiki kasus seorang turis asal Jepang, Hirakawa Ryuici (74) yang ditemukan tewas tenggelam di Pantai Watukarung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Minggu (18/11/2018).

Keterangan Kapolsek Pringkuku Iptu Sunaryo, korban yang sedang berlibur di Pantai Watukarung tenggelam saat berenang menuju tengah perairan tanpa membawa papan selancar.”Korban baru tiba di (Pantai) Watukarung sekitar pukul 08.00 WIB dan langsung berenang,” tutur Sunaryo menceritakan kronologi sesuai hasil pemeriksaan saksi-saksi.

Dia memastikan tidak ada unsur kesengajaan dalam insiden tersebut. Hirakawa Ryuici sempat ikut makan pagi sebelum memutuskan berenang ke tengah pantai tanpa alat pengaman. Warga Jepang yang telah lima tahun tinggal di Bali itu dilaporkan hanya menggunakan kacamata renang.

Kondisi perairan di Pantai Watukarung saat itu memang sedang landai. Sedikit berombak, namun tenang.

Diketahui, Hirakawa Ryuici saat itu langsung berenang ke arah tengah beberapa lama. Ia kemudian sempat kembali menepi ke bibir pantai. Namun rupanya Ryuici kembali berenang ke tengah.

“Saat itulah kemudian korban mulai tenggelam. Beberapa rekannya yang mengetahui sempat berusaha menolong, dibantu warga. Namun saat ditemukan kondisinya sudah dalam kondisi meninggal,” tutur Sunaryo.

Setelah berhasil dievakuasi ke pinggir, tubuh Ryuici yang sudah tidak bernyawa dibawa ke RSUD dr Darsono, Kota Pacitan untuk dilakukan visum et repertum.

Namun hasilnya tetap disimpulkan akibat kehabisan suplai oksigen dan paru-paru yang kemasukan air dari luar. Selanjutnya jenazah akan diterbangkan ke Bali melalui Bandara Adi Sucipto, DI Yogyakarta.

“Keluarga akan menjemput jenazah korban di Bali. Sebab yang bersangkutan sudah lima tahun tinggal di Bali,” katanya saat masih mendampingi Kapolres Pacitan AKBP Sugandhi di kamar jenazah.

Pewarta: Antara
Penyunting: Dwi Purnawan