Forkopimda Pacitan Shalat Ghaib untuk Korban Bencana Sulteng

oleh -749 views
Forkopimda Kabupaten Pacitan bersama ratusan masyarakat menggelar Shalat Ghaib dan istighotsah mendoakan korban bencana alam gempa dan tsunami yang terjadi di Palu, Sigi dan Donggala. (Foto: SRW)

Pacitanku.com, PACITAN – Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Pacitan bersama ratusan masyarakat menggelar Shalat Ghaib dan istighotsah mendoakan korban bencana alam gempa dan tsunami yang terjadi di Palu, Sigi dan Donggala di Provinsi Sulawesi Tengah, Rabu (10/10/2018) di Masjid Agung Darul Falah Pacitan.

Agenda sholat ghaib dan istighotsah tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Kemenag Pacitan. Nurul Huda.

Dalam acara yang diinisiasi oleh Komando Distrik Militer (Kodim) 0801/Pacitan itu, turut hadir Bupati Pacitan Indartato, Wakil Bupati Yudi Sumbogo, Kapolres Pacitan AKBP Setyo Koes Heriyatno, Kasdim 0801/Pacitan Mayor Inf Tomy Fedi Anugrahan, seluruh Danramil, Kepala Kemenag Pacitan Nurul Huda dan penceramah KH Sodiq Sujak.

Kasdim 0801/Pacitan Mayor Inf Tomy Fedi mengapresiasi kehadiran 750 jamaah untuk mendoakan korban bencana di Sigi, palu, dan Donggala tersebut.

“Saat ini mengalami kesulitan dan penderitaan yang sangat luar biasa serta agar seluruh warga Indonesia tetap kompak baik susah maupun senang dengan do’a yang kita panjatkan semoga Alloh SWTmemberikan kekuatan dan meringankan beban mereka,”kata dia.

Selain itu, dia menyebut Kodim 0801/Pacitan juga akan memfasilitasi donasi untuk penyaluran bantuan kepada korban bencana di Sulawesi Tengah tersebut. “Oleh karena itu apabila ada dari jamaah yang ingin menyisihkan rizkinya untuk meringankan penderitaan saudara-saudara kita yang tertimpa bencana dari Kodim akan siap memfasilitasi,”tandasnya.

Penceramah KH Sodiq Sujak mengatakan Istighotsah dan sholat ghoib yang dilaksanakan adalah betujuan untuk memintakan ampun dan mendoakan saudara yang ditimpa bencana.

“Kita harus selalu ingat tanpa Allah SWT, kita bukan apa-apa dan bukan siapa-siapa, oleh karena itu kita harus selalu berdo’a dan selalu berbuat yang terbaik kepada alam dan kepada sesama agar kita dijauhkan dari musibah dan bencana, semoga Pacitan selalu adem ayem gemah ripah loh jinawi di jauhkan dari segala musibah,”jelasnya. (SRW/RAPP002)