Saat Ibu-ibu Tokoh Pacitan Membatik di Hari Batik Nasional

oleh -131.280 views
Puluhan ibu-ibu Persit, PIA dan Bhayangkari Pacitan menggelar acara membatik bersama untuk menyemarakkan Hari Batik Nasional pada Selasa (2/10/2018) di sentra pengrajin batik saji, RT/RW 03/I Dusun Ngrejoso, Desa Sukoharjo. (Foto: SRW/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Puluhan ibu-ibu Persit, PIA dan Bhayangkari  Pacitan menggelar acara membatik bersama untuk menyemarakkan Hari Batik Nasional pada Selasa (2/10/2018) di sentra pengrajin batik saji, RT/RW 03/I Dusun Ngrejoso, Desa Sukoharjo, Kecamatan/Kabupaten Pacitan.

Saji, pemilik sentra industri Batik Saji menuturkan pelaksanaan membatik ada teknik-teknik tersendiri.

Teknik tersebut, kata dia, terutama saat menuliskan canting ke kain mori, dalam membatik ada beberapa tahapan diantaranya, pola, nyanting , mordanting, mewarna dan pelepasan lilin.

“Lakukan saja dengan senang agar seluruh peserta mengerti proses membantik, sehingga kita dapat lebih menghargai Batik kita sebagai warisan Nusantara dari leluhur,”kata dia saat menyambut rombongan ibu-ibu Persit.

Hadir dalam kegiatan membatik tersebut Wakil Bupati Yudi Sumbogo, Wenda A.H Lawitang Ketua Persit Kartika Candra Kirana Cab XI Kodim 0801/Pacitan.

Kemudian juga Fida Mustofa Pengurus  Bhayangkari  Pacitan, Ketua PIA Ardyia Garini Cabang Pacitan dan Ninik Yudi Sumbogo Wakil Ketua Dharma Wanita Kabupaten Pacitan. (RAPP002/SRW)