Begini Semarak Festival Ronthek Pacitan 2018 Hari Pertama

oleh -617 views
Semarak Festival Ronthek Pacitan hari pertama, Kamis (30/8/2018). (Foto

Pacitanku.com, PACITAN – Festival Ronthek Pacitan 2018 kembali digelar mulai Kamis (30/8/2018) malam WIB. Acara yang digelar di  Jalan Ahmad Yani Pacitan atau di kawasan 0 Kilometer  Pacitan tersebut, 12 penampil pertama sukses menampilkan performa terbaiknya.

Pada penampilan perdana, usai Bupati Pacitan Indartato memukul Ronthek tanda dimulainya Festival Ronthek ke-8 Pacitan, penampilan spesial dari Dinas Pendidikan menjadi pengiring pertama sebelum “Laras Setroketipo” Desa Widoro menampilkan kreasi Rontheknya.

Ketua Penyelenggara Festival Ronthek Pacitan Daryono dalam laporannya mengatakan kegiatan tahunan untuk memperingati HUT ke-73 RI ini diikuti 36 grup yang terdiri dari 25 grup yang merupakan desa dan kelurahan di Kecamatan Pacitan.

Baca juga: 36 Tim Siap Semarakkan Festival Rontek Pacitan 2018

Selain itu, pada penampilan kali ini, Daryono mengungkapkan panitia mengundang tga dewan juri yang semuanya merupakan pakar seni dari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.

Adapun, pada edisi tahun 2018 ini, panitia akan mengambil pemenang kategori satu grup juara umum, 5 grup penyaji terbaik non ranking dan 5 grup penata musik terbaik non ranking.

Usai penampilan Desa Widoro, berturut-turut yang tampil pada Hari Kamis (30/8/2018) adalah Grup “Ceria” Desa Tanjungsari, Purworejo, “Iromo Lancar” Kayen, Banjarsari, “Laskar Gempar” Pacitan, Sirnoboyo, “Nur Mudo Budoyo” Desa Ponggok, Pucangsewu, Sambong, Nanggungan dan terakhir adalah Kelurahan Ploso.

Festival Ronthek masih akan berlangsung hingga Sabtu (1/9/2018) besok. Adapun penampilan hari kedua hari ini, Jumat (31/8/2018) adalah Sidoharjo, Bolosingo, Sukoharjo, Tambakrejo, Mentoro, Arjowinangun, Menadi, Sedeng, Baleharjo, Semanten, Bangunsari, Sumberharjo dan Kembang.