Pertama Kali, Merah Putih Raksasa Berkibar di Bukit Sentono Gentong

oleh -641 views
Bendera merah putih ukuran raksasa terpampang di bukit kars Sentono Gentong, Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku, Jumat (17/8/2018). (Foto: Hendro Basuki/FPTI Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Satu lagi sejarah tercipta saat momentum peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 RI pada Jumat (17/8/2018). Sejarah tersebut adalah pengibaran bendera merah putih ukuran raksasa, yakni 30 meter x 15 meter di tebing bukit Sentono Gentong, Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku.
Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pacitan Bripka Hendro Subekti, saat dihubungi Pacitanku.com pada Jumat malam mengatakan proses pengibaran bendera merah putih ukuran raksasa ini sangat luar biasa.
Baca juga: Saat Bendera Merah Putih Raksasa Berkibar di Pantai Klayar
“Untuk prosesnya luar biasa sekali karena baru pertama kali di Pacitan pengibaran bendera raksasa ini dengan ukuran panjang 30 meter dan lebar 15 meter,”kata pria yang juga anggota Satbinmas Polres Pacitan ini.
Dia menuturkan ini adalah wujud persembahan Polri umumnya, khususnya Polres Pacitan kepada masyarakat Pacitan.“Merupakan bentuk nyata upaya polri bersama masyarakat dalam menumbuhkan semangat nasionalisme di masyarakat dan generasi muda,”kata dia.
Lebih lanjut, Hendro mengungkapkan saat detik-detik pengibaran ini dilakukan, diikuti jajaran Polri, masyarakat lingkungan Tamperan Kelurahan Sidoharjo, masyarakat Desa Dadapan dan Karang Taruna Kecamatan Pringkuku.
“Juga pelajar dari SMAN 1 Pacitan, MAN Pacitan, SMK Kebonagung, Saka Bhayangkara, Pramuka serta santri Pondok Pesantren Al Istiqomah,”ungkap dia.
Saat melakukan pengibaran di bukit kars Sentono Gentong tersebut, Hendro menurunkan tim pengibar bendera yang terdiri dari Polri, Tentara Nasional Indonesia (TNI), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala), Siswa Pecinta Alam (Sispala), Pramuka dan SAR MDMC.
“Juga dukungan yg luar biasa dari Kepala Desa Dadapan dan seluruh elemen masyarakat sehingga kegiatan bisa berjalan dgan sukses,”tandas Hendro.
Secara khusus, dia berharap kegiatan ini bisa digelar tiap tahun. Selain menumbuhkan nasionalisme, dia berharap hal ini bisa mendongkrak obyek wisata Sentono Gentong.”Semoga kegiatan ini bisa diadakan tiap tahun, sehingga destinasi wisata di Sentono Gentong bisa berkembang secara maksimal,”pungkasnya.
Sebelum di bukit Sentono Gentong, pengibaran bendera raksasa yakni 30 meter x 15 meter juga dilakukan di salah satu bukit di wilayah timur Pantai Klayar, Dusun Kendal, Desa Sendang Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan pada Selasa (14/8/2018) sekitar pukul 16.00-16.30 WIB.


Pewarta: Dwi Purnawan