Sisihkan Kediri dan Mojokerto, Pacitan Raih Juara LCCK KIM Jatim

oleh -0 Dilihat
JUARA LOMBA. KIM Pena Pacitan berhasil meraih juara I Lomba LCCK Jatim. (Foto: Dok KIM Pena)

Pacitanku.com, PACITAN – Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Pena dari Desa Ngumbul, Kecamatan Tulakan, Pacitan berhasil menjadi juara babak penyisihan Lomba Cerdik Cermat Komunikatif (LCCK) KIM Tingkat Provinsi Jawa Timur Grup B yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur pada Selasa (7/8/2018) kemarin di Mangrove Information Centre Rungkut, Kota Surabaya.

Anggota KIM Pena Pacitan, Frend Mashudi saat dihubungi Pacitanku.com pada Rabu (8/8/2018) di Pacitan menuturkan bahwa KIM Pena dari Kabupaten Pacitan mendapatkan nila tertinggi 243,68 menyisihkan KIM KPG Labu Ngasem, Kediri nilai 226,63, KIM Gayatri Kota Mojokerto 212,63 dan KIM BL Jaya Kabupaten Sampang dengan nilai 206,70.

Atas raihan tersebut, KIM Pena Pacitan berhasil mendapatkan penghargaan berupa piala dan uang pembinaan senilai Rp 5 juta.

“Sesuai Tagline kami ‘berbagi cerita bersama warga’ KIM Pena merupakan medium interaksi saling berbagi informasi dengan warga, tempat yang diharapkan mampu menghadirkan kebebasan berekpresi, membuka ruang-ruang yang tersekat menjadi altar bagi lahirnya pemikiran-pemikiran kreatif dan terbuka,”kata dia.

Frend menceritakan sejarah lahirnya KIM Pena di Desa Ngumbul berawal dari pemberlakuan UU 6 Tahun 2014 tentang Desa, berbagai prakarsa-prakarsa inovasi bermunculan dari komunitas masyarakat. Beranggotakan tiga orang, yakni Frendh Mashudi, Miskun dan Mujari, KIM Pena yang lahir tanggal 16 Desember 2015 mengambil inisiatif untuk mengambil peran inovasi masyarakat.

“Peran pemberdayaan, karena kami berpandangan desa merupakan ruang interaksi, aula besar yang didalamnya memiliki resources, tatanan, identitas, konstruksi, penyangga bagi keberlangsungan pembangunan,”ujarnya.

Lebih lanjut, pria yang juga seorang penulis buku ini berharap KIM Pena menjadi agen informasi untuk masyarakat desa Ngumbul khususnya dan dunia pada umumnya serta ikut berperan aktif dalam pengembangan kehidupan kemasyarakatan di desa Ngumbul.

“Kehadiran KIM Pena ini juga mendapat suport sepenuhnya dari Diskomnfo Kabupaten Pacitan dengan menyediakan domain dan hosting bagi KIM PENA di laman www.kimpena.kabpacitan.id,”kata dia.

Sementara, Miskun, anggota KIM Pena Pacitan lainnya, menuturkan lewat website tersebut hadir dengan beragam menu yang kami harapkan mampu menjadi media literasi berbagi cerita bersama warga.

“Kami juga menghadirkan rubrikasi berita, ada juga Rubrik ragam, wisata dan budaya yang kita hadirkan. Rubrik kios UMKM juga kita munculkan untuk mengenalkan berbagai produk usaha kecil yang dimiliki kelompok masyarakat didesa kami. Kios UMKM ini juga terkoneksi dengan Rubrik dasaran yang langsung terpaut dengan lapak jualan online di Tokopedia, kami juga menghadirkan rubrik khusus tangguh bencana,”jelasnya.

Dia berharap, lahirnya KIM Pena ini bisa muncul inovasi-inovasi dalam komunitas masyarakat yang saling berbagi dan menginspirasi.

“Mampu tercipta jejaring-jejaring baru yang melahirkan inisiatif-inisiatif berlian guna menghadapi tantangan zaman,”pungkasnya.