Mantap, 3 Lifter Pacitan Raih 7 Medali di Kejuaraan Angkat Besi Internasional

oleh -1.136 views
LIFTER PACITAN BERJAYA. Tiga lifter Pacitan menyumbangkan tujuh medali dalam kejuaraan internasional angkat besi di Bali. (Foto: Dok. PABBSI Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Sebanyak tiga lifter atau atlet angkat besi Pacitan dari klub “Bina Satria” Desa Sooka, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan sukses tampil mengesankan dalam ajang Kejuaraan Angkat Besi Internasional bertajuk “Indonesia Weightlifting Championship.”

Tak tanggung – tanggung, lifter muda Pacitan sukses meraih total tujuh medali dalam kejuaraan yang digelar pada 30 Juli – 6 Agustus 2018 di Gelanggang Olahraga  GOR Ngurah Rai, Denpasar, Bali tersebut.

Ketua Persatuan Angkat Besi dan Berat Seluruh Indonesia (PABBSI) Pacitan Eko Waluyo saat dihubungi Pacitanku.com pada Kamis (2/8/2018) membenarkan bahwa tiga alifter Pacitan meraih hasil bagus dalam kejuaraan tersebut.

Dia mengatakan tiga lifter yang diterjunkan PABBSI Pacitan dalam ajang “Indonesia Weightlifting Championship” adalah Amel Candra, Resve dan Luluk Diana Triwijaya.

Satu lifter Pacitan tersebut sukses meraih tiga medali emas dalam kejuaraan tersebut. Tak hanya emas, tiga medali perak dan sebuah medali perunggu juga berhasil diperoleh para lifter Pacitan dalam ajang tersebut.“Tiga medali emas diraih ananda Amel Candra, tiga medali perak diraih ananda Resve dan satu medali perunggu diraih ananda Luluk Diana Triwijaya,”katanya.

Untuk diketahui, Pacitan memang dikenal dengan prestasinya di dunia angkat berat. Salah satu lifter muda andalan adalah Syafira Dwi Puspita. Syafira berhasil mencatatkan prestasi maksimal dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Angkat Besi Yunior dan Satria Remaja IV pada tahun 2015 lalu.

Syafira juga pernah memperoleh prestasi maksimal dalam Kejurnas Bali tahun 2013. Di event tahun 2012, siswa dari SMP 2 Punung ini berhasil mendapatkan medali perunggu pada invitnas angkat besi yang diselenggarakan di Jakarta pada tahun 2012.

Prestasi angkat besi di Pacitan juga diperoleh pada Pekan Olah Raga Provinsi Jawa Timur tahun 2011 Pacitan berhasil menggondol 4 medali emas, 3 perak dan 8 perunggu.

Sebagai informasi, Kejuaraan Angkat Besi Internasional bertajuk “Indonesia Weightlifting Championship” ini diikuti 107 lifter dari dalam dan luar negeri. Kejuaraan internasional tersebut mempertandingkan kategori usia peserta 10 hingga 12 tahun, dan 13 sampai 17 tahun.

Para peserta dari Indonesia terdiri dari binaan pengprov, klub, sekolah khusus olahraga (SKO) maupun pusat pembinaan dan latihan olahraga pelajar (PPLP). Peserta dari luar negeri, yakni Korea Selatan, Jepang, Myanmar, Thailand, Malaysia, Singapura, Philipina, dan Brunai Darussalam.

Kejuaraan ini diharapkan dapat mengangkat citra Indonesia di level internasional dan tahun 2024 mampu menghasilkan lifter dengan pengalaman bertanding yang lebih baik untuk dapat mewakili Indonesia pada kegiatan remaja, seperti kejuaraan Asia angkat besi remaja dan junior, Asian Youth Games dan Youth Olympic.

Pewarta: Dwi Purnawan