Ini Penyebab Gelombang Tinggi di Perairan Pacitan

oleh
Ombak Besar di Pantai Klayar. (Foto : Dok.Pacitanku)
Ombak Besar di Pantai Klayar. (Foto : Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan meminta masyarakat di sekitar pesisir selatan Pacitan mewaspadai gelombang tinggi yang diakibatkan siklon yang mengakibatkan timbulnya kecepatan angin tinggi.

“Kita himbau kepada masyarakat yang berada di wilayah pesisir, khususnya nelayan, wisatawan, penjual makanan yang berada di pinggir pantai, khususnya pesisir Kabupaten Pacitan untuk selalu waspada,”kata Kepala Sie Pencegahan dan Kesiapsiagaan Pacitan BPBD Pacitan Diannita Agustinawati kepada Pacitanku.com pada Kamis (19/7/2018) di Pacitan.

Baca juga: Gelombang Tinggi Terjang Pesisir Pacitan, Wisatawan Diminta Waspada

Lebih lanjut, dia mengatakan masyarakat diminta untuk melakukan antisipasi lebih dini dengan tidak melakukan aktivitas membahayakan di sekitar perairan selatan. “Jangan melakukan aktivitas yang sekiranya bisa membahayakan timbulnya korban jiwa, antisipasi lebih dini sangat diperlukan,”ujar perempuan yang akrab disapa Dian ini.

Dia mengatakan, berdasarkan rilis resmi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gelombang tinggi dengan kisaran 3-5 meter tersebut disebabkan adanya siklon yang terjadi perairan laut china selatan atau lebih tepatnya disekitar wilayah Filipina.

“Hal ini kita rilis dari informasi BMKG, sebagai lembaga resmi yang berhak mengeluarkan statemen, BPBD meneruskan dan menginformasikan kepada masayarakat, dengan adanya siklon tersebut akhirnya mengakibatkan timbulnya kecepatan angin yang tinggi, yakni mencapai 65 kilometer per jam,”katanya lagi.

Otomatis, imbuhnya, adanya angin tersebut berdampak pada gelombang yang tinggi di seputaran perairan wilayah selatan jawa. “Perkiraan gelombang itu sendiri menurut rilis BMKG bisa terjadi sampai Minggu 22 Juli 2018 dengan ketinggian gelombang antara 3-5 meter,”pungkasnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pacitan Endang Surjasri dalam keterangannya juga  memperingatkan wisatawan yang hendak berkunjung ke pantai di Pacitan untuk waspada menyusul gelombang tinggi yang menerjang di kawasan pesisir selatan Pacitan.

“Berkaitan dengan hal tersebut, kami menghimbau wisatawan tidak berenang di Pantai, dan bagi wisatawan yang ingin ber-swafoto diharap tidak terlalu dekat dengan bibir pantai ataupun daerah sapuan ombak,”kata Mantan Camat Tegalombo ini.

Lebih lanjut, Endang juga memperingatkan bagi wisatawan yang hendak berkemah untuk tidak terlalu dekat dengan area pantai.“Bagi wisatawan yang ingin berkemah diharapkan agar tidak terlalu dekat dengan bibir pantai, dan selalu menjaga keamanan dan keselamatan masing-masing,”pungkasnya.

Pewarta: Dwi Purnawan

Video Gelombang Tinggi Terjang Perairan Pacitan